Pemprov Sumbar Wujudkan Pemerataan Pendidikan, Ini Jadi Tantangan Terbesar -->

Pemprov Sumbar Wujudkan Pemerataan Pendidikan, Ini Jadi Tantangan Terbesar

Rabu, 11 November 2020, 13:52


Padang, Rakyatterkini.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus berupa mewujudkan pemerataan dan kualitas pendidikan. Ini juga tertuang dalam program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.


Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengungkapkan, sebagai gubernur, tidak ingin melihat generasi muda Sumbar tertinggal SDM-nya dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia.


“Sumber daya alam (SDA) kita terbatas, tapi SDM kita tidak boleh tertinggal. Ini komitmen kita meningkatkan kualitas pendidikan Sumbar, “ujar Irwan Prayitno didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri..


Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri mengakui, pemerataan pendidikan di Sumbar menjadi tantangan besar bagi dirinya, bersama Gubernur, Irwan Prayitno. Terutama dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan, dalam membentuk generasi yang maju berkualitas unggul di daerah ini.


"Empat tahun berjalan, dengan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, Pemprov Sumbar berhasil mewujudkan peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan di daerah ini"ujar Adib Alfikri. 


Dikatakannya, wujud pemerataan pendidikan yang telah dilakukan, dapat dibuktikan dengan tingginya Angka Partisipasi Murni (APM) daerah ini.  


APM merupakan persentase jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah, pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan usianya, terhadap jumlah seluruh anak pada kelompok usia sekolah yang bersangkutan.


Peningkatan itu terlihat dari data Dinas Pendidikan Sumbar. APM SMA/SMK/MA/SMALB/Paket C, naik menjadi 72,63 pada 2019 dari sebelum hanya 71,90 pada 2015. 


Indikator lain keberhasilan Pemprov Sumbar mewujudkan pemerataan pendidikan, yakni Angka Partisipasi Kasar (APK). APK adalah perbandingan antara siswa pada jenjang pendidikan tertentu, dengan penduduk usia sekolah dan dinyatakan dalam persentase. 


Akses dan pemerataan pendidikan menunjukkan persentase capaian APK SMA/SMK/MA/SMALB/Paket C terus meningkat. APK Sumbar SMA/SMK/MA/SMALB/Paket C naik menjadi 95.58 persen dibanding 84,31 persen pada 2015. Meski belum mencapai angka ideal 100 persen, namun APK 95,58 sudah mendekati ideal. (hms-sumbar)

TerPopuler