Pemprov Sumbar Kembangkan Iklim Investasi di Semua Sektor -->

Pemprov Sumbar Kembangkan Iklim Investasi di Semua Sektor

Jumat, 06 November 2020, 11:38



Padang, Rakyatterkini.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus menjaga dan mengembangkan iklim investasi di semua sektor, agar investor dengan mudah mengembangkan investasinya.


Ini juga sesuai dengan program unggulan pemerintah provinsi Sumatera Barat. Ini, kebijakan yang dikeluarkan untuk kemudahan investasi.


Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar, Maswar Dedi, dalam meningkatkan investasi di Sumatera Barat, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan.


Di antaranya, menyusun regulasi yang mendukung terciptanya iklim penanaman modal, yaitu Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun  2008 tentang Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya, Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 2 Tahun  2014 tentang Penanaman Modal.


Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pedoman dan Tata Cara Pemanfaatan Tanah Ulayat Untuk Penanaman Modal, dan Peraturan Daerah No 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Perda No. 02 Thn 2014 tentang Penanaman Modal (Termasuk pemberian insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal).


Melakukan sosialisasi produk hukum terkait dengan penanaman modal, menyusun Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perizinan dan Non Perizinan yang menjadi kewenangan DPMPTSP Povinsi Sumatera Barat.


Meningkatan pelayanan perizinan dan mengupayakan tim teknis yang ada di OPD teknis agar berada di PTSP. Mengakomodir peruntukan ruang bagi kegiatan investasi dalam revisi dokumen RTRW Provinsi Sumatera Barat.


Selain itu, promosi potensi investasi, pemetaan potensi dan peluang investasi di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat.


Begitu juga pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal terhadap Perusahaan PMA dan PMDN (Pemantauan, Pengawasan, dan Pembinaan). (hms-sumbar)

TerPopuler