Pagi Buta, Tanah Longsor di Desa Sumampir Rusak Dua Dapur -->

Pagi Buta, Tanah Longsor di Desa Sumampir Rusak Dua Dapur

Kamis, 12 November 2020, 08:39


Purbalingga, Rakyatterkini.com - Babinsa Koramil 13/Rembang, Sertu Retno Dumadi melaporkan telah terjadi longsor menimpa rumah milik Lami (63) dan Ismanto (60), di Desa Sumampir Rt 03 Rw 04, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Rabu (11/11/2020). 


Menurut Sertu Retno Dumadi  hasil cek lokasi, kronologi kejadian pada hari Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 15.00 WIB  hingga malam Kecamatan Rembang diguyur hujan lebat. Sehingga mengakibatkan rumah Lami dan Ismanto terkena longsor dan yang paling parah bagian dapur berukuran 3x3 meter ambruk terbawa longsor.


Menurut kesaksian Lami pemilik rumah, sekitar pukul 03.00 WIB tiba-tiba terasa tanah bergetar dan dari arah belakang rumah terdengar suara dapur ambruk. Lami segera keluar rumah dan memberitahukan kejadian tersebut kepada perangkat Desa Sumampir.


Akibatnya kejadian tersebut, diperkirakan  kerugian kurang lebih Rp10.000.000 ( sepuluh juta rupiah) dan kemungkinan terjadi lonsoran susulan karena pondasi rumah sudah agak miring, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


“Kami, Bhabinkamtibmas, BPBD dan Perangkat Desa Sumampir mendatangi TKP guna mengecek langsung kondisi real di lokasi longsor sehingga dapat mendata dan mengamati langsung setiap perkembangan guna mengantisipasi potensi bencana serta bagaimana kelanjutanya untuk membantu korban yang terkena longsor,” ujarnya.


Wilayah Kecamatan Rembang secara umum memiliki kondisi geografis yang berupa daerah pegunungan. Hal ini tentunya sangat rawan ketika datangnya musim penghujan, kontur tanah yang kurang kuat dapat berpotensi menimbulkan longsor sewaktu-waktu. (Pen/Sts)

TerPopuler