Kota Pariaman Raih Peringkat III Anugrah Keterbukaan Informasi Publik 2020 -->

Kota Pariaman Raih Peringkat III Anugrah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Sabtu, 28 November 2020, 09:31



Pariaman, Rakyatterkini.com - Keterbukaan informasi di seluruh badan publik merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. 


Seluruh badan publik harus menunjukkan transparansi dan akuntabilitasnya melalui keterbukaan informasi dan membuka saluran partisipasi bagi masyarakat untuk memberikan suaranya.


Plt. Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pariaman, Hendri menerima Penganugerahkan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 diberikan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pariaman di Ballroom Hotel Grand Zuri Padang, Rabu (25/11/2020). 


Untuk pertama kalinya, Kota Pariaman mendapat peringkat III penerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 dari Komisi Informasi Sumatera Barat sebagai badan publik yang informatif.


Plt. Wako Pariaman, Mardison Mahyuddin, usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komisi Informasi Sumbar dan Gubernur Sumbar atas terpilihnya Kota Pariaman sebagai tiga terbaik daerah di tingkat Provinsi Sumbar yang menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 ini.


Ini tak terlepas juga dari dukungan seluruh stakeholder dan OPD Pemko Pariaman, terutama jajaran Dinas Kominfo Kota Pariaman yang selalu aktif dan berperan penting dalam penyebarluasan dan keterbukaan informasi publik yang disampaikan kepada masyarakat dan pembaca, ujar Mardison.


Mardison berharap, dengan adanya keterbukaan informasi publik diharapkan masyarakat dapat aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik mulai dari tahapan perencanaan, implementasi, pemantauan hingga evaluasi kebijakan, mekanisme check and balance yang melibatkan masyarakat penting  dalam mewujudkan kebijakan publik yang tepat sasaran dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.


Hendri menambahkan, Komitmen PPID Kota Pariaman untuk terus konsisten menyediakan informasi yang akurat, transparan dan akuntabel. 


"Amanat UU KIP (Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik) harus dilaksanakan dengan baik untuk memenuhi hak atas informasi, "kata Hendri.


Melalui penguatan peran pemerintah daerah dalam memastikan hak menerima informasi bagi masyarakatnya dapat terpenuhi dengan baik.


Oleh karena itu, ia mengimbau agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memastikan pemberian informasi berjalan dengan baik dan lancar.


Hendri berharap, agar masing-masing OPD di Lingkungan Pemko Pariaman mampu menjadi lembaga publik yang kehadirannya membawa dampak positif di masyarakat. Sebab, keterbukaan informasi publik yang baik merupakan salah satu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (SgR)

TerPopuler