Kesiapan Antisipasi Dua Potensi Rawan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Batang -->

Kesiapan Antisipasi Dua Potensi Rawan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Batang

Rabu, 04 November 2020, 07:50



Batang, Rakyatterkini - Mengantisipasi terjadinya bencana alam, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar apel siaga bersama menghadapi musim penghujan di masa pandemi Covid-19, di Jalan Veteran Batang, Selasa (3/11/20)


Bupati Batang Wihaji mengatakan, persiapkan sejak dini apabila terjadi sesuatu, karena akan memasuki musim hujan. Di Kabupaten Batang ada beberapa daerah yang berpotensi titik rawan bencana. Oleh karena itu disiapkan dari semua unsur Pemda, TNI-Polri yang selalu bersinergi.


Menurutnya ada dua titik rawan bencana alam, seperti di daerah Pantura kebiasaan terjadi banjir, sementara di wilayah selatan daerah pegunungan di situ banyak titik titik longsor, maka dari itu kesiapan potensinya ada di titik utara dan titik paling selatan." Beber Wihaji 


Wihaji juga menjelaskan, kondisi tanah amblas di Desa Jolosekti yang terjadi tahun lalu sudah tertangani oleh provinsi. Menurut teori alam kondisi tanahnya sudah turun dan juga menurut pantauan tanahnya tidak turun lagi, semoga tidak terjadi amblas.


Sementara itu Dandim 0736/Batang Letkol Inf. Dwison Evianto yang diwakili oleh Kasdim Mayor Kav. Haryono menyatakan, Kodim 0736/Batang akan selalu siap menerima perintah dari Bupati dalam kesiapan tanggap bencana. 


"Saya berharap agar kegiatan seremoni seperti ini agar dipersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal, seperti peralatan, personil dan latihannya. Sehingga kedepan akan terbentuk tim cepat tanggap, apabila terjadi bencana alam kita akan selalu siap dan turun dengan cepat," ujarnya


Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, juga menambahkan, kesiapsiagaan dari unsur keamanan TNI-Polri akan disiapkan posko terpadu yang bergabung dengan Forkopimda bersama Muspika, yang akan membackup posko-posko terpadu dalam pelaksanaan pengamanan tanggap bencana," pungkasnya (Pen/Sts)

TerPopuler