Kesiapan Antisipasi Bencana, Pemuda Desa Pranten Dilatih PPGD -->

Kesiapan Antisipasi Bencana, Pemuda Desa Pranten Dilatih PPGD

Sabtu, 21 November 2020, 07:17



Batang, Rakyatterkini.com - Berbagai daerah di Indonesia berpotensi terjadi bencana kapan saja, termasuk di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.


Untuk meningkatkan kemampuan sebagai upaya penanggulangan penderita gawat darurat baik dalam keadaan sehari-hari maupun keadaan bencana, PMI Cabang Batang mengadakan rekrutmen dan pelatihan sukarelawan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) di Balai Desa Pranten Bawang, Jumat (20/11/2020).


Kepala Kantor Kecamatan Bawang Khafidin mengapresiasi langkah Palang Merah Indonesia Cabang Batang dengan menggelar acara tersebut.


"Terima kasih pada PMI yang telah menyelenggarakan pelatihan ini,  sehingga para pemuda dapat menjadi lebih tahu tentang pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) untuk tanggap bencana," kata Camat Bawang Khafidin.


Menurutnya, keadaan gawat darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan petugas untuk mengantisipasi kejadian itu.


Kapolsek Bawang Polres Batang, AKP Muharom mengatakan penanganan bencana dibutuhkan koordinasi dari semua pihak.


Dengan adanya rekrutmen dan pelatihan penanganan bencana, kata dia, sangat baik sebagai langkah kesiapan antisipasi bencana.


Terbentuknya Tim SIBAT, khususnya di desa diharapkan mampu menjadi motor penggerak bagi upaya-upaya kesiapsiagaan bencana maupun tanggap darurat bencana, jelas Kapolsek. (Sts)

TerPopuler