Kapolda Jateng Kunjungi Lokasi Pengungsian di Desa Balerante, Kemalang -->

Kapolda Jateng Kunjungi Lokasi Pengungsian di Desa Balerante, Kemalang

Rabu, 11 November 2020, 18:48
 Kapolda Jateng menyerahkan bantuan logistik di lokasi pengungsian. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini.com - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi sejumlah pejabat utama mengunjungi posko pengungsian erupsi Gunung Merapi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Rabu (11/11/2020) siang.


Menurut Kapolda, kegiatan dilakukan untuk melakukan pengecekan dalam rangka Operasi Aman Nusa penanganan pengungsi bencana erupsi Merapi yang melibatkan sekitar 420 personel Polres Klaten.


Di lokasi pengungsian, Kapolda melakukan koordinasi dengan Kepala BPBD Klaten terkait tata kelola penanganan bencana erupsi Gunung Merapi baik jalur evakuasi, sarana prasarana evakuasi hingga penanganan di lokasi pengungsian.


Ahmad Luthfi menekankan pentingnya penanganan kesehatan bagi 109 orang pengungsi yang terdiri dari kaum lansia dan warga yang sakit.


Pria dengan dua bintang di pundaknya tersebut juga berharap agar masyarakat di pengungsian, petugas dan anggotanya untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan agar tidak menimbulkan cluster baru di lokasi pengungsian.


"Biddokkes Polda sudah saya perintahkan untuk bersama-sama dengan Dinas Kesehatan terkait untuk betul-betul mengawasi kesehatan masyarakat kita yang ada di lokasi pengungsian. Itu yang utama," jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi.


Orang nomor satu di lingkungan Polda Jateng tersebut juga meminta digunakannya kearifan lokal dengan menggandeng relawan-relawan yang betul-betul tahu lapangan.


"Yang jelas Polres, Kodim bersama Pemda sudah siap dalam rangka mengantisipasi kegiatan fluktuatif Gunung Merapi yang saat ini sedang kita tangani," katanya.


"Untuk ternak kita sudah mencapai kesepakatan sesuai inisiatif Kapolres Klaten dengan para relawan yang ada akan ditempatkan di suatu lokasi dan diawasi secara ketat," lanjutnya.


Menurut Ahmad Luthfi, warga juga sudah diberikan pelatihan untuk sewaktu-waktu dilakukan evakuasi secara mandiri.


Dalam kesempatan tersebut Kapolda memyerahkan berbagai bantuan yang dibutuhkan oleh warga pengungsi seperti sembako, air mineral, sayur-sayuran dan selimut. (Cahyo)

TerPopuler