Kabag Kesra, Apresiasi LTPQ dan Aktivitas Surau Gudang Nurul Hamdi Kubu Rajo Limo Kaum -->

Kabag Kesra, Apresiasi LTPQ dan Aktivitas Surau Gudang Nurul Hamdi Kubu Rajo Limo Kaum

Senin, 30 November 2020, 04:00
Seorang santri Surau Gudang Nurul Hamdi dicek suhu tubuhnya. (yusnaldi)

Batusangkar, Rakyatterkini.com - Aktifitas keagamaan di surau Gudang Nurul Hamdi Kubu Rajo, Nagari Limo Kaum diapresiasi karena mampu mengairahkan semangat untuk belajar Alquran dan melaksanakan ibadah.


"Beberapa tahun ini aktivitas pendidikan keagamaan di Surau Gudang Nurul Hamdi sangat dipujikan, saat semarak dengan kegiatan LPTQ untuk belajar Al-Quran dan subuh berjemaah," kata Kabag Kesra Sekdakab H. Afrizon.


Ia mengatakan hal itu saat membuka khatam Alquran di Surau Gudang Nurul Hamdi, Minggu (29/11). Menurutnya, atas ramainya anak belajar di LPTQ dan jemaah subuh serta shalat lima waktu, maka Surau Gudang telah jadi barometer bagi aktifitas keagamaan di Tanah Datar.


Katanya, surau ini mampu mengerakan anak dan remaja untuk cinta Alquran dan masyarakat taat beribadah.


Sementara, bagi anak dan remaja  yang telah melaksanakan khatam hari itu, Afrizon berharap dan  mengajak untuk tetap melanjutkan mempelajari Alquran ketingkat yang lebih tinggi, yakni menjadi wakaf hafidz.


"Wakaf hafidz merupakan anak dan remaja yang memberikan waktunya untuk menghapal Alquran dan mempelajari isinya mulai dari satu juz dan selanjutnya. Jangan berhenti setelah khatam ini, dan terus menghapalnya," timpal Afrizon.


 

Sebab, lanjutnya, anak dan remaja penghapal Alquran adalah anak cerdas, yang dilindung malaikat dan disayangi masyarakat.


Sementara, Ketua Panitia Khatam Alquran Surau Gudang Nurul Hamdi H. Zulhermi menyatakan pelaksanaannya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 bagi peserta, orangtua dan masyarakat yang mengikutinya.


Dari Satgas yang dibentuk kegiatan ini bisa menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan lewat sarana yang disediahkan, seperti memberikan masker, pengecek suhu dan tempat cuci tangan, jelas Zulhermi.


Ia menyebut pelaksanaan khatam beberapa kali tertunda akibat pandemi Covid-19, kemudian digelar dengan mengikuti protokol kesehatan.


Atas, pelaksanaan kegiatan ini, Wali Nagari Limo Kaum Gusrial dan Camat Limo Kaum dalam sambutannya senada menyatakan pujiannya, karena dilalukan dengan menerapkan aturan pemerintah saat pandemi.


Sementara, Ketua LPTQ Afnazianto bersama Ketua Pembangunan Surau Hidayat menjelaskan saat ini pendidikan Alquran diminati masyarakat  Nagari Limo Kaum sekitarnya, dimana untuk khatam ini diikuti 67 santri. (ydi)

TerPopuler