Jalan Sikucua Timur-Padang Alai Terban, Arus Transportasi Terganggu -->

Jalan Sikucua Timur-Padang Alai Terban, Arus Transportasi Terganggu

Minggu, 29 November 2020, 14:19


Padang Alai, Rakyatterkini.com – Ruas jalan Sikucua Timur-Padang Alai Palak Tabu, Nagari Nagari Gunung Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman, terban akibat hujan deras yang melanda daerah itu, Kamis (26/11).

Jalan tersebut sudah lama rusak akibat tergerus air hujan di daerah itu. Dengan tingginya curah hujan beberapa hari ini, jalan tersebut terban sepanjang 40 meter dan lebar empat meter sehingga tidak dapat dilalui kendaraan warga.  

 “Akibat kejadian itu, jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat sehingga arus transportasi terganggu yang menghubungan antar korong di daerah itu, karena ini jalan satu-satunya warga yang menghubungkan antar Nagari Gunung Padang Alai dan V Koto timur,” kata Kalaksa (BPBD) Budi Mulya, Minggu (29/11/2020).

Ia menyebyutkan jalan itu itu amblas akibat tanah di sekitar cukup labil setelah setelah daerah itu di guyur hujan yang berkepanjangan. Saat hujan deras, tanah sekitar ruas jalan itu longsor sehingga membawa seluruh badan jalan di daerah itu.

Terkait hal itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) untuk penanganan agar jalan bisa dilalui kendaraaan sehingga arus transportasi menjadi normal.

Sementara Kepala Dinas PUPR,Deni Irwan mengatakan terkait jalan Padang Alai Palak Tabu itu sudah menjadi prioritas utama, dan pihaknya telah menganggaran pengerjaan jalan tersebut pada tahun 2021.

“ Jalan tersebut telah menjadi priritas utama, yang memang menjadi prioritas utama, dan jalan ini  sudah kita usulkan kembali pada TA 2021, mudah-mudahan bisa kita laksanakan pada tahun anggaran (TA) 2021 mendatang,” kata Deni.

Untuk penangganan pihaknya akan berupaya membuat dinding penahanan dan saluran yang permanen untuk badan jalan tersebut. Artinya, pihaknya akan berupaya secepat mungkin untuk pelaksanaan penangganan jalan tersebut. (SgR)

TerPopuler