Gubernur Irwan: Birokrasi yang Baik, Ciptakan Pelayanan Berkualitas -->

Gubernur Irwan: Birokrasi yang Baik, Ciptakan Pelayanan Berkualitas

Selasa, 10 November 2020, 11:57



Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menilai, reformasi birokrasi yang baik dapat menciptakan pelayanan birokrasi dan aparatur yang berkualitas.


Masyarakat mengharapkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Pemprov harus menerapkan kebijakan secara efektif, efisien, profesional dan berintegritas.


Dikatakan, untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, instansi pemerintah harus mengubah mindset dan melakukan perbaikan di berbagai program. Selain itu, ASN harus profesional, berkualitas, berintegritas, serta memiliki etos kerja yang tinggi.


Begitu juga pada sektor pelayanan publik, Irwan Prayitno meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki inovasi untuk diaplikasikan guna meningkatkan efisiensi dan kinerja.


Diceritakan, pembangunan budaya berinovasi terus ditingkatkan, setiap OPD di Pemprov harus ada 10 inovasi tiap tahunnya, untuk meningkatkan daya saing dalam tatanan otonomi daerah. Daya saing yang terbangun di daerah akan berimplikasi kepada peningkatan daya saing secara nasional.


Inovasi yang dilakukan dinilai oleh tim penilai Innovative Government Award (IGA). Gubernur menyampaikan tujuh hasil inovasi terbaik dari Sumbar, yakni Apoteker Selalu Ado, Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat, Absensi Online, TUAN O (Toko Untuk Jualan Online), Samsat Malming, dan Gelar Pangan Murah (GPM) keliling.


Selain berpestasi dalam melakukan inovasi-inovasi, Pemprov Sumbar dalam mewujudkan regormasi birokrasi juga meraih penghargaan atas Satuan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada tahun 2019.


Pemberian penghargaan ini diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Sumbar yang diwakili Wakil Gubernur Sumbar H Nasrul Abit, di Kota Batam, Senin (10/2).


Nasrul Abit mengatakan, dengan prestasi yang diraih ini membuktikan Pemprov Sumbar dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah tahun 2019.


Penilaian ini menunjukan, tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, sudah menunjukan hasil yang baik. (hms-sumbar)

TerPopuler