Fakhrizal Silaturahmi dengan Rajo Alam Minangkabau dan Kerabat Istano Silinduang Bulan -->

Fakhrizal Silaturahmi dengan Rajo Alam Minangkabau dan Kerabat Istano Silinduang Bulan

Selasa, 10 November 2020, 06:47
Calon Gubernur Sumbar, Fakhrizal bersama Sultan Muhammad Farid Thaib Tuanku Abdul Patah dan kerabat Istano Silinduang Bulan. (yusnaldi)

Batusangkar, Rakyatterkini.com - Calon Gubernur Sumbar, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal bersilaturahmi dengan keluarga besar Kesultanan Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Sultan dr. H. Muhammad Farid Thaib Tuanku Abdul Patah.


Pertemuan dihelat di rumah gadang Silanduang Bulan Pagaruyung, Senin (9/11/2020) diikuti Tuan Gadih Putih Reno, basa ampek balai, sapieh-balahan, langgam nan tujueh, dan karib kerabat serta pengurus KAN Pagaruyung bersama pengurus partai pengusung.


Fakhrizal menyebut kedatangannya di keluarga besar Istano Silinduang Bulan merupakan silarurahmi dalam kapasitas sebagai calon gubernur Sumbar yang bersaing dalam Pilkada.


"Saya mohon dukungan dan restu dari keluarga besar Istano Silinduang Bulan, sebagai Kesultanan Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror, yang menjadi pusat kebudayaan Minangkabau," kata mantan Kapolda Sumbar ini.


Fakhrizal mengutarakan riwayat hidupnya dan  perjalanan karirnya sebagai polisi yang mengabdi sebagian wilayah NKRI hingga diminta ninik-mamak untuk memimpin daerah ini.


Ia menyebut selama bertugas Fakhrizal teramat banyak menerima banyak keluhan, masalah dan aspirasi dari masyarakat Sumbar dari berbagai bidang dan segi kehidupan.


"Banyak keluhan, masalah dan aspirasi dari masyarakat baik kecil maupun besar, yang harus dicarikan jalan keluarnya. Semuanya disampaikan, kemudian meminta untuk langsung memimpin daerah ini," timpalnya.


Termasuk dari perjalanannya mengunjungi daerah pinggir di Sumbar dan menjadi batas wilayah provinsi melihat jelas kondisi masyarakatnya. Bukan hanya itu, keberadaan ninik-mamak dan lembaga KAN juga jadi pemikirannya.


Saat menjadi calon gubernur dilakukannya dengan ikhlas dan memohon pada Allah, SWT untuk diberkati segala perjuangannya sehingga mendapatkan amanah rakyat.


Hal yang sama diutarakan, Erdi Janur, anggota timnya. Menurutnya, Fakhrizal adalah jenderal ninik-mamak, yang telah memiliki visi-misi unggulan sebagai cerminan untuk membangun Sumbar. 


Atas kedatangannya, Kesultanan Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau. Sultan Muhammad Farid Thaib Tuanku Abdul Patah menyatakan kebangaan dan terimakasihnya, dimana hanya Fakhrizal sebagai calon gubernur yang datang ke Pagaruyung.


"Semoga Allah, SWT memberkati perjuangannya untuk menjadi gubernur Sumbar," ucap Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau. 


Ia menitipkan pesan pada Fakhrizal bila terpilih nanti menjadi gubernur memperhatikan masyarakat adat, kaum, termasuk keberadaan Istano Silinduang Bulan. (ydi)

TerPopuler