DPRD Gelar Rapat Paripurna, Bertepatan Hari Jadi Kab. Malang ke-1260 -->

DPRD Gelar Rapat Paripurna, Bertepatan Hari Jadi Kab. Malang ke-1260

Minggu, 29 November 2020, 13:56


Kab.Malang, Rakyatterkini.com – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malang sangat berbeda, dalam memperingati Hari Jadi ke-1260 Kabupaten Malang 2020, begitu adem ayem tentram karena dibacakan tahlil di awal persidangan, Sabtu (28/11/2020).


Dari salah satu rangkaian acara tahlil ini ide dari Plt Ketua DPRD, Sodikul Amin. 

"Dalam pembacaan tahlil ini untuk kiriman doa ke para pendahulu kita. Oleh karena itu kita harus ingat, sebab kita umat beragama maka hal itu patut dilakukan," kata Sodikul.

Kini suasana di gedung DPRD Kabupaten Malang tidak lagi tempat formalitas antara eksekutif dan legislatif, tetapi sesaat menjadi tempat yang sakral karena ada panjatan doa yang diperuntukkan kepada para mantan Bupati Malang yang telah meninggal dunia.

Pembacaan tahlil dan doa tersebut dipimpin oleh Ahmad Fanani, selaku Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pembukaan persidangan itu juga menjadi sangat berbeda, karena selama puluhan tahun sidang paripurna DPRD pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang selalu diawali kesenian seperti tari topeng atau yang lain, kemudian dibacakan sinopsis sejarah.

Selain rangkaian acara tersebut, diwaktu sebelumnya Sodikul Amin pada Kamis (26/11/2020) yang lalu, DPRD Kabupaten Malang juga melakukan istiqosah di ruang paripurna. Dalam istiqosah itu, anggota DPRD Kabupaten Malang juga menyisihkan sebagian dana untuk disumbangkan kepada sebuah yayasan yatim piatu di Kepanjen.

Untuk memaknai Hari Jadi Kabupaten malang, wakil rakyat mengajak seluruh lapisan masyarakat tidak melupakan sejarah Kabupaten Malang.

"Pentingnya memahami sejarah perjalanan Kabupaten Malang. Masyarakat harus mengtahui para leluhur pejuang Kabupaten Malang," ujar Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin usai hadiri rapat paripurna.

Sodikul mengkiaskan peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang sebagai momen membuka lembaran baru. "Ini menjadi momentum titik awal menuju situasi yang lebih baik lagi. Kabupaten Malang harus lebih baik," jelas politisi Partai Nasdem itu.

Adapun kegiatan tersebut, Sodikul Amin juga menambahkan, Kabupaten Malang butuh keseimbangan dalam hal pembangunan di segala sektor. Selain pembangunan fisik, pembangunan sumber daya manusia juga harus ditingkatkan. Lalu pembangunan karakter biar seimbang, tutup Sodikul.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menekankan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai gebrakan di Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1260 tahun.

"Infrastruktur untuk mencapai peningkatan ekonomi. Selain itu pelayanan dasar, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Dominasi anggaran nanti diarahkan kesana," katanya. (NN)

TerPopuler