Disdukcapil Imbau Masyarakat yang Belum Punya KTP dan KK Agar Melapor -->

Disdukcapil Imbau Masyarakat yang Belum Punya KTP dan KK Agar Melapor

Kamis, 26 November 2020, 16:22


Painan, Rakyatterkini.com - Kepala UKL Kecamatan Sutera, Ganeza Rivaldo S, beserta  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pessel mengimbau masyarakat yang belum punya KTP dan KK segera melaporkan ke pelayanan setempat.


Menurutnya, beberapa bulan terakhir terjadi lonjakan yang cukup signifikan. Antusiasme dan kesadaran warga semakin meningkat, juga dipengaruhi momentum Pemilu Tahun 2020 akan datang berapa minggu lagi yang sebentar lagi digelar.


Menurut Kepala Disdukcapil, Eva Fauza Yuliasman, pelayanan dokumen yang diberikan pemerintah, antara lain dimulai dari seseorang yang lahir memperoleh akta kelahiran hingga meninggal dan memperoleh akta kematian.


Sesuai Instruksi Bupati Pesisir Selatan, melalui surat edaran perihal peningkatan pelayanan masyarakat, antara lain Akta Kelahiran, KK, KTP elektronik, Kartu Identitas Anak, hingga Akta Kematian.


Dikatakan, perekaman KTP-elektronik di lokasi kecamatan setiap hari, sebagai upaya percepatan pemutakhiran data penduduk di wilayah kecamatan dan kabupaten


Pihaknya juga sudah membuat sistem pelayanan informasi dan pelayanan aduan dan keluhan. “Setiap hari kita siapkan petugas untuk menerima informasi dan pengaduan serta keluhan masyarakat yang melakukan pengurusan KTP-el.


Sebelumnya, Bupati Hendrajoni meminta Disdukcapil Pessel agar bekerja secara profesional dan handal. Tidak ada lagi pungutan liar (pungli), karena sesuai Pasal 79.A UU No 24 th 2013, Pelayanan dan Penerbitan Dokumen Kependudukan Tidak Dipungut Biaya.


Prosedur yang tidak berbelit, waktu penyelesaian yang lebih singkat, atau tidak ada hambatan akses. (baron)

TerPopuler