Di Masa Pandemi, MTP IPHI Klaten Gelar Pelatihan Interpreuner -->

Di Masa Pandemi, MTP IPHI Klaten Gelar Pelatihan Interpreuner

Selasa, 24 November 2020, 15:26
Peserta pelatihan interpreuner MTP IPHI. (foto ist)


Klaten, Rakyatterkini.com - Majelis Taklim Perempuan (MTP) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Klaten, menggelar pelatihan interpreuner bagi ibu-ibu MTP IPHI Klaten. 


Kegiatan berlangsung di aula SD Negeri 2 Barenglor Klaten Utara, Klaten Selasa (24/11/2020). 


Ketua MTP IPHI Klaten, Hj. Istikomah, mengatakan MTP IPHI merupakan Majelis khusus perempuan yang ada di setiap kepengurusan IPHI mulai dari tingkat nasional hingga ranting atau kelurahan.


"Gerakan MTP IPHI tersebut lebih fokus pada gerakan melakukan pemberdayaan perempuan, baik masalah keagamaan, sosial, masyarakat, dan kegiatan lainnya yang mengarah pada hal positif," kata Istikomah. 


Ia menambahkan, gerakan yang dilakukan MTP IPHI Klaten menujuga difokuskan untuk pemberdayaan perempuan terutama bagi ibu-ibu MTP IPHI di Klaten.


Menurut Istikomah, selama ini kegiatan  yang  dilakukan oleh MTP IPHI  adalah program yang telah direncanakan dan diagendakan. Kegiatan ini juga tak lepas dari keinginan untuk membuat para wanita di Klaten memiliki nilai untuk pengembangan diri sendiri dan lingkungannya.


"Guna mencapai itu, program yang paling strategis bergerak adalah struktur paling bawah yakni ranting. Selama ini ranting yang memegang basis dan berhadapan langsung dengan masyarakat. Di situlah para haji bisa mengabdikan dirinya langsung kepada masyarakat," jelasnya.


Dijelaskan Istikomah, untuk  membuat kegiatan dan menggerakkan atau melakukan pemberdayaan bagi perempuan maka MTP IPHI selalu bersinergi dengan pengurus IPHI di semua tingkatan.


Kegiatan pelatihan interpreuner ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ibu-ibu l berusaha  dan berwiraswasta serta sebagai ajang silaturahmi  antar anggota.


Kegiatan lain yang dilakukan MTP IPHI adalah  kegiatan kajian Fiqih Wanita sebagai media menjadikan wanita lebih solekhah menjalankan perintah agama dan memberikan manfaat untuk keluarga dan lingkungannya. 


"Ketentuan ibadah seorang wanita itu banyak dan semua itu akan sangat baik jika dipelajari dengan baik. Kita semua bisa mengerti tentang bagaimana salat dan ibadah lainnya agar diterima Allah SWT” terangnya.


Sementara iti, Plt Ketua IPHI Klaten Ardhana menyambut baik dan memberikan apresiasi dilaksanakannya pelatihan interpreuner dimasa Pandemi covid 19 bagi ibu-ibu MTP IPHI di Klaten ini.


Ardhana sangat berharap peran serta MTP IPHI Klaten dalam kegiatan pemberdsyaan perempuan dan  kegiatan sosial lainnya. 


"Baksos dari jamaah haji merupakan wujud kepedulian sosial para anggota IPHI terhadap masyarakat sekitarnya," ujar Ardhana. 


Pelatihan interpreuner  MTP IPHI di Klaten yang diikuti 60 peserta ini  mengambil nara sumber Ir.H.Herawati Widodo Muktiyo  seorang wiraswasta dan istri Prof.Dr.H.Widodo Muktiyo, yang sukses di Klaten dan sekitarnya. (Cahyo)




TerPopuler