Belvana Armadira, Pelukis Cilik yang Terus Berkarya di Masa Pandemi Covid-19 -->

Belvana Armadira, Pelukis Cilik yang Terus Berkarya di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 25 November 2020, 17:05

Belvana Almadira menerima piala dari Kepala SD Cahaya Makkah, Satria,  pada salah satu ajang lomba melukis.


Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif yang cukup signifikan terhadap perkembangan mental dan karakter anak di berbagai jenjang pendidikan.


Kegiatan belajar mengajar dan beberapa kegiatan ektrakurikuler yang harusnya dapat diperoleh dengan layak bagi siswa-siswa di sekolah, kini tidak lagi diperoleh dengan baik. 


Entah seperti apa perkembangan mental dan karakter anak yang dihasilkan dari proses pendidikan di masa pandemi yang pasti tidak akan sesempurna dalam kondisi normal.


Upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 terus ditekankan oleh pemerintah dengan penekanan implementasi protokol kesehatan di berbagai aktivitas, termasuk pada proses belajar terhadap siswa di jenjang pendidikan. 


Tertuang harapan bahwa generasi penerus bangsa dapat tumbuh berkembang dan menuntut ilmu dan berkreatifitas dengan layak. 


Kondisi dunia pendidikan dengan segala prosesnya yang menjadi tidak sesederhana biasanya ini menjadi situasi rumit yang melanda berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. 


Begitu pula bagi anak-anak dan Belvana Almadira (8), siswi SD Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat, salah satu sekolah favorit di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.


Belva lebih banyak menjalani proses belajar daring dari rumah atau menerima Pekerjaan Rumah (PR) siswa dari grup Whatsup yang dikirimkan pihak sekolah. Seberapa efektifkah proses tersebut ? Jawabannya adalah bahwa saat ini tidak begitu banyak pilihan yang lebih baik dari pada itu.


Belva adalah bocah berusia 8 tahun yang tetap eksis dalam mengikuti lomba melukis yang menjadi hobi yang ditekuninya semenjak berusia 4 tahun. Belva pantang menyerah dalam melanjutkan goresan warna dan sketsa-sketsa pada lukisannya yang diwarnai dengan pastel.


Pandemi Covid-19 tidak membuat Belva surut langkah untuk memperdalam ilmu melukis dan meningkatkan kemampuannya. Belajar melukis terus dilakukan, hingga terkadang tak kenal waktu dan lelah.


"Sekarang Belva sedang mengikuti lomba melukis poster, desain atau gambar tingkat nasional bertema lindungi alamku yang diselenggarakan oleh ICBS Payakumbuh," kata Belva kepada Rakyatterkini.com Rabu (25/11/2020) di Simpang Empat.


Ia menyampaikan, pandemi Covid-19 tidak mengurangi keinginannya untuk terus berlatih demi hasil karya yang maksimal. Apalagi di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini. Berbagai kegiatan sudah mulai  berangsur normal.


"Saya sudah bisa ikut lomba lagi. Terakhir  Saya juara karya terkreatif pada lomba desain poster Forum Anak 2020 Kabupaten Pasaman Barat," sebut Belva.


Selain itu, sejumlah prestasi juga pernah dicapai, diantaranya juara 1 lomba mewarnai tingkat TK se Pasaman Barat 2018, juara 1 mewarnai tingkat TK 2017. Juara III lomba gambar bercerita tingkat kecamatan dalam rangka FL2SN, juara II lomba mewarnai tingkat SD se Pasaman Barat tahun 2019 yang diselenggarakan Zone 2000.


"Alhamdulillah, Belva masih bisa berkarya di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Terima kasih atas dukungan orangtua. Terima kasih telah memfasilitasi hobi Belva dengan baik. Belva mohon doa, semoga karya Belva bisa mendapatkan hasil yang diharapkan pada lomba menggambar desain/poster/gambar tingkat nasional ICBS Payakumbuh 2020," ungkap Belva.


Sementara, Kepala SD Cahaya Makkah, Satria menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada siswa berbakat seperti Belva.


Satria menyampaikan, dukungan dan fasilitas siap diberikan oleh pihak sekolah demi tumbuh kembang kreatifitas dan bakat siswa.


"Yang kita ketahui anak ini sangat berbakat dalam melukis. Kita juga melihat bakat tersebut juga terus diasah olehnya. Selaku pihak sekolah, kami terus memberikan dukungan menyalurkan bakat yang dimiliki siswa dengan memfasilitasi siswa mengikuti berbagai ajang perlombaan," ungkap Satria.


Satria berharap siswa-siswi berbakat di sekolah tersebut terus mengasah kemampuan sesuai bidangnya masing-masing dan aktif dalam mengikuti perlombaan.


"Mudah-mudahan siswa-siswi SD Cahaya Makkah umumnya dan khusus kepada Belva bisa menjadi seseorang yang memiliki talenta yang lebih," harapnya. (robi)

TerPopuler