427 Tenaga Pendidik Madrasah di Tanah Datar Ikuti Asesmen Kompetensi -->

427 Tenaga Pendidik Madrasah di Tanah Datar Ikuti Asesmen Kompetensi

Senin, 23 November 2020, 07:06
Pelaksanaan asesmen kompetensi di MTsN 6 Tanah Datar disaksikan Kabid Penmad, Syamsul Arifin, bersama Kepala MTsN 6, Eddy Mardafuly. (yusnaldi)

Batusangkar, Rakyatterkini.com - Guna meningkatkan kompentensi dan kualitas, sebanyak 427 tenaga kependidikan madrasah pada jajaran Kankemenag Tanah Datar mengikuti asesmen kompentensi.


Kegiatan yang digelar pada Sabtu-Minggu (21-22/11) di tiga madrasah sebagai Tempat Asesmen Kompetensi (TAK).


Pelaksanaan asesmen serentak secara nasional dikunjungi Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penmad H. Syamsul Arifin, didampingi Kasi Penmad Kankemenag Tanah Datar H. Hermi Zuldi, serta kepala madrasah pelaksana.


Tentang pelaksaanaan asesmen ini, Hermi Zuldi menyebut bahwa pesertanya berasal dari kepala madrasah, pengawas dan guru bidang studi Mapel UN yang digelar secara online.


"Pelaksanaan asesmen untuk jajaran tenaga kependidikan madrasah pada Kankemenag Tanah Datar berjalan lancar tanpa gangguan diikuti sepenuhnya oleh sebanyak 427 peserta mulai dari MI, MTs dan MA," kata Hermi Zuldi.


Pelaksanaannya yang menggembirakan juga berkat dukungan dari koneksi internet dan listrik yang tak terganggu saat itu.


Menurutnya, ada tiga kelompok peserta yang mengikuti, yakni Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKKM), Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) dan Asesmen Kompetensi Guru  (AKG). Dimana di MAN 1 Tanah Datar dengan 107 peserta, MAN 2 sebanyak 225 dan di MTsN 6 sejumlah 95.


Setelah selesainya asesmen ini akan terlihat gambaran kompetensi terkait dengan kualitas kepala madrasah, pengawas dan guru, terlihat pemetaan serta adanya rapor yang jelas untuk pengambil kebijakan, jelasnya.


Sementara, pada dua penanggungjawab TAK, yakni Kepala MAN 2 Sabrimen, dan Kepala MTsN 6 Eddy Mardafuly, mengatakan pelaksanaan asesmen di madrasahnya diikuti dengan semangat dan sungguh-sungguh oleh peserta dari pagi-petang dengan sejumlah sesi.


"Baik kepala madrasah, pengawas dan guru terlihat bersemangat, sungguh dan terlihat sangat peduli dengan profesinya," timpal Eddy Mardafuly. (ydi)

TerPopuler