Satgas TMMD Ajari Warga Membuat Pupuk Organik -->

Satgas TMMD Ajari Warga Membuat Pupuk Organik

Rabu, 14 Oktober 2020, 22:39

 


 
KENDAL- Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)REG 109 TA 2020 Kodim 0715/Kendal Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung,  dalam program non fisiknya, mengajari warga tentang pembuatan pupuk organik kepada salah satu warga desa.
 
Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu warga desa yang mayoritas penduduknya sebagai seorang petani dan kebetulan mereka mempunyai ternak sendiri agar mereka bisa memproduksi pupuk sendiri dan memanfaatkan bahan bahan dari sekitar lingkungan mereka tinggal.
 
Serka Suroto, anggota satgas TMMD yang mengajari pembuatan pupuk organik itu mengatakan, pupuk organik bahannya sangat mudah, yakni dedaunan, sekam, kotoran ternak serta cairan fermentasi.
 
‘’Bahan bahan itu tinggal dicampur dan dimasukkan dalam goni untuk kemudian didiamkan selama satu bulan," terang Serka Suroto.
 
Supardi (65), yang mendapat pelajaran itu mengatakan, alhamdulillah dirinya tambah ilmu, yakni  diberikan contoh oleh TNI Satgas cara membuat pupuk organik.
 
‘’Saya akan mempraktekan itu, sehingga nantinya bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli pupuk. Bahan bahannya pun mudah didapat,’’  tutur Supardi.
 
Harapannya dengan pemberian contoh pembuatan pupuk kepada warga desa bisa bermanfaat untuk kemajuan pertanian warga desa dan meningkatkan perekonomian. (Pendim 0715/Kendal)



TerPopuler