Pandemi Covid-19, Sektor Perikanan Hadapi Sejumlah Tantangan -->

Pandemi Covid-19, Sektor Perikanan Hadapi Sejumlah Tantangan

Jumat, 09 Oktober 2020, 10:42



Padang, Rakyatterkini - Logistik sektor perikanan menghadapi sejumlah tantangan pada masa pandemi Covid-19 dan industri 4.0, seperti konektivitas antar sentra produksi serta distribusi yang belum efisien dan keterbatasan teknologi informasi.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri, beberapa hari lalu menuturkan tantangan logistik sektor perikanan pada era Revolusi Industri 4.0 yaitu masalah konektivitas antara sentra produksi dan sentra distribusi, industri, dan konsumsi secara efisien.


Selain itu, terdapat keterbatasan infrastruktur dan penyedia jasa logistik di sentra perikanan, kualitas SDM pelaku usaha perikanan, dan keterbatasan teknologi informasi untuk logistik perikanan.


Dikatakan, sektor perikanan perlu dilakukan dengan pendampingan kepada nelayan dan pelaku usaha secara konsisten, sehingga tujuan digitalisasi untuk menekankan transparansi, efisiensi waktu dan biaya, serta meningkatkan nilai tambah industri perikanan nasional dapat tercapai.


Upaya lainnya, penyerapan produk perikanan dengan memperbaiki akses pemasaran hasil produksi perikanan melalui sistem data yang terintegrasi. 


Sistem tersebut mencakup data produksi perikanan, jaringan, serta kapasitas sarana dan prasarana, sehingga dapat mendorong pertumbuhan nilai tukar nelayan di berbagai daerah.


Sementara itu, pada tahap implementasi, perlu koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, dan pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan sektor perikanan. (hms-sumbar)


TerPopuler