MTsN 4 Tanah Datar Berkiprah dengan Boarding Madrasah -->

MTsN 4 Tanah Datar Berkiprah dengan Boarding Madrasah

Kamis, 08 Oktober 2020, 06:33
Kepmad MTsN 4 Tanah Datar, Afrizal Dt. Rangkayo Hitam, mendampingi Kakankemenag H. Syahrul saat berkunjung. (yusnaldi)


Batusangkar, Rakyatterkini - MTsN 4 Tanah Datar mulai berkiprah dengan melaksanakan sistem pembelajaran boarding bagi siswanya untuk meraih prestasi pada bidang pendidikan agama Islam dan pembelajaran umum.


Madrasahnya yang luas berada di Nagari Batu Tebal, Kecamatan Batipuh Selatan sejak berdiri asrama yang dibangun pada 2018 lalu kian banyak peminatnya, bahkan mampu meninggalkan sekolah lainnya.


"Alhamdulillah, asrama yang didirikan atas bantuan masyarakat yang didukung pengurus dan anggota komite telah mulai melaksanakan sistem pendidikan boarding madrasah," kata Kepala Madrasah (Kepmad) MTsN 4, Afrizal Dt. Rangkayo Hitam.


Dihubungi, Rabu (7/10) saat dikunjungi Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kepmad Afrizal mengatakan dengan saat ini ada 30 orang siswa yang mengikuti sistem boarding.


Dikatakannya, siswa itu diutamakan yang domisilinya jauh dari madrasah atau di luar Nagari Batu Tebal sekitarnya, seperti berasal Kabupaten Sijunjung dan Solok, dan Kecamatan Rambatan.


Diutarakan Afrizal,  pola pelaksanaan pendidikan boarding dengan kegiatan tahfizh yang tetap meningkatkan hapalannya antara 2-5 Juz, diikuti pembalaharan bahasa arab dan hadist.


"Tak hanya itu, sejak adanya boarding madrasah siswanya mampu meraih prestasi dalam Kompentensi Sain Madrasah (KSM) tingkat Kankemenag Tanah Datar sejak dua tahun lalu, kemudian mewakili daerah ini ditingkat provinsi. Saat ini ada tiga siswa dipersiapkan untuk KSM tentu diharapkan meraih prestasi," jelasnya.


Menurutnya, dengan pola boarding pretasi keagamaan dengan lahirnya hafizh dah hafizah dan akademik berupaya diraih siswanya. 


Hanya saja, katanya, saat sejak akibat Covid-19 pembalajaran dipindahkan ke rumah. Berikut persiapan guru, kurikulum serta sarana tetap dilakukan hingga dibolehkan sekolah dibuka kembali.


Atas kiprahnya, Kakankmenag Syahrul menyatakan apresiasi dan kebanggaannya, karena tak berapa MTsN yang melaksanakan sistrm boarding ini di Tanah Datar.


"Dengan adanya asrama dan penginapan di MTsN 4 tentu akan memudahkan siswanya meraih pretasi dan menunjukan kiprahnya dengan melahirkan penghapal Al-Quran, dan berprestasi pada pembelajaran umum lewat KSM, kemudian meraih nilai tertinggi pada tiap ujian nasional," ucap Syahrul.


Ia berharap pola boarding ini lebih ditingkatkan sarana dan kapasitasnya sehingga bisa menampung lebih banyak siswa.


Dijelaskan Kepmad, siswanya saat ini 274 dimana siswa kelas VII sebanyak 97 orang, kelas VIII 103 dan kelas IX 76 dengan tenaga pendidik 41 serta staf administrasi 8.


"Kami berupaya membangun madrasah ini dengan mengutamakan partisipasi dan dukungan masyarakat Nagari Batu Taba dan  sekitarnya, termasuk untuk rencana pengembangan asrama nantinya," tambah Afrizal. (ydi)

TerPopuler