KPUD Tanah Datar Butuh Ribuan Anak Nagari -->

KPUD Tanah Datar Butuh Ribuan Anak Nagari

Jumat, 09 Oktober 2020, 19:04

 Ketua KPUD Fachrul Rozi. 

Batusangkar, Rakyatterkini - Ribuan anak nagari Tanah Datar dibutuhkan KPUD untuk diambil menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).


Dengan jumlah kebutuhan mencapai 6.153 orang nanti bakal bertugas menyelenggarakan pemilihan kepala daerah pada 9 Desember mendatang untuk bertugas di nagari.


Pada pers, Ketua KPUD Fachrul Rozi mengatakan untuk kebutuhan ini dilakukan pererutan selama beberapa pekan, pada 1 Oktober-23 November mendatang.


"Sebanyak 6.153 anggota KPPS yang akan direkrut tersebut belum termasuk di dalamnya petugas ketertiban TPS, yang juga akan direkrut sebanyak 1.758 orang," sebut Ketua KPUD saat itu bersama Koordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Tomas Hendriko.


Diutarakan, seluruh anggota KPPS yang akan direkrut tersebar di 879 TPS yang ada di 75 nagari dan 14 kecamatan. Masing-masing TPS akan ditempatkan 7 anggota KPPS dan dua orang petugas ketertiban.


Untuk rekrutmen ini, Tomas menjelaskan,  prosesnya dimulai dengan disosialisasikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diinformasikan pada masyarakat.


"Sosialisasi ini berupa persyaratan menjadi anggota KPPS dan juga berkaitan dengan tugas KPPS yang harus menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19," ucapnya.


Ia menyebut persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota KPPS diantaranya, warga negara Indonesia, pendidikan minimal SLTA, usia minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun, berdomisili di wilayah TPS masing-masing, serta memiliki integritas yang kuat untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah jujur dan adil.


Ditambahkan, untuk syarat kesehatan, akan melakukan rapid test atau metode pemeriksaan secara cepat untuk memastikan bahwa anggota KPPS yang direkrut sehat dan tidak terpapar Covid-19.


Rapid test akan dilakukan setelah anggota KPPS ditetapkan dan diberikan surat keputusan oleh PPS atas nama KPUD. (ydi)

TerPopuler