Kisah Unik di Balik Tradisi Budaya Desa Panyingkiran Indramayu -->

Kisah Unik di Balik Tradisi Budaya Desa Panyingkiran Indramayu

Sabtu, 03 Oktober 2020, 20:30


Indramayu, Rakyatterkini.com - Indramayu salah satu kabupaten di Jawa Barat yang mempunyai banyak budaya dan tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini, hampir di seluruh desa di Indramayu masih memegang teguh tradisi dan budaya kerakyatan. 


Budaya warisan para leluhur adalah berziarah di makam para leluhur atau yang biasa disebut Unjungan bagi warga setempat, dengan membawa tumpeng yang dihiasi hasil bumi dan uang kertas yang ditancapkan di sekeliling tumpeng sebagai simbol kesejahteraan.


Menurut Kasninto selaku ketua panitia memaparkan kegiatan ini adalah rutinitas tahunan yang digelar masyarakat dalam rangka doa bersama untuk para leluhur dan kerabat saudara yang telah meninggal dunia. 


"Kegiatan tahunan ini dalam rangka doa bersama untuk para leluhur dan kerabat yang telah meninggal dunia, dengan harapan Allah SWT memberikan keselamatan bagi kita semua, dan yang telah meninggal dunia di berikan tempat yang layak," katanya.


Acara yang digagas masyarakat dan sesepuh Desa Panyingkiran Lor ini, begitu meriah dengan pertunjukan wayang kulit dan tumpengan, semoga bisa dilestarikan terus.


Taswen, salah satu penziarah mengatakan kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahunnya, intinya mendoakan orang orang yang telah meninggal dunia baik leluhur dan kerabat agar diberi tempat yang layak di sisi Allah SWT. (SH)

TerPopuler