Gandeng Puskesmas Jatipuro, Satgas TMMD Karanganyar Gelar Program Kesehatan Sekolah -->

Gandeng Puskesmas Jatipuro, Satgas TMMD Karanganyar Gelar Program Kesehatan Sekolah

Kamis, 15 Oktober 2020, 06:54

 


KARANGANYAR - Satgas TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar bekerja sama dengan Tim Puskemas Kecamatan Jatipuro mengadakan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  di Sekolah Dasar Negeri 02 Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

  

Kapten Inf Supardi, selaku Danki Satgas TMMD Reguler ke- 109, mengatakan program pembinaan itu dilaksanakan melalui tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS, meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

  

“Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan anak sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan,” bebernya.

  

Menurut Kapten Inf Supardi, penjaringan dilaksanakan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap murid kelas 1 SD Negeri 02 Jatiwarno dilakukan oleh Tim dari Puskesmas Jatipuro dan dibantu oleh Satgas TMMD yang sedang bertugas melaksanakan program TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar di Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

  

Sementara itu, ketua Tim Kesehatan Puskesmas Jatipuro, Ngadino mengatakan, penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Jatipuro.

  

Ngadino mengungkapkan, mereka juga didampingi guru sekolah dan dibantu Satgas TMMD dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS.

 

“Untuk pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi wilayah setempat terutama di masa pandemi yang sedang berlangsung,”pungkasnya. (hm/0727)

TerPopuler