Festival Layang-layang di Lampung Selatan Ikuti Protokol Kesehatan -->

Festival Layang-layang di Lampung Selatan Ikuti Protokol Kesehatan

Minggu, 18 Oktober 2020, 19:08



Lampung Selatan, Rakyatterkini.com - Karang Taruna Desa Kertosari, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar festival layang-layang, Minggu (18/10/2020).

 

Layangan yang diterbangkan bertema ke-Indonesiaan. Puluhan peserta berada di Lapangan Desa Kertosari Dusun Vl.


Festival layang-layang itu digelar sesuai prosedur Covid-19 yang telah dianjurkan pemerintah. Panitia menyediakan hand sanitaizer, tempat cuci tangan, masker. Juga dilakukan pembatasan jumlah peserta setiap lomba. Ada sebanyak 10 peserta pada festival itu dari berbagai daerah.


Bentuk layangan pun bervariasi, mulai dari layangan garuda, kapal, hingga gambar burung hantu dan naga.


Seorang peserta, Pikri dari Desa Kertosari, Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan, antusias mengikuti festival. 


lomba layang layang diselenggarakan di Lapangan Wetan Paret, Dusun Vl Kertosari.


Dendis, peserta lainnya mengaku kesulitan saat membuat layang-layang. Begitu juga saat menerbangkan juga mengalami kendala karena arah angin yang berubah-ubah.


"Ini kan dari kecil sudah suka layang-layang, teringat masa kecil saja.

saat menerbangkan Layang-layang agak susah, tergantung angin, namun lumayan susah, "kata Dendis.


Ketua panitia, Wagiyo mengatakan, festival layang-layang ini dilakukan inisiatif karang taruna, demi mengembangkan sayap komunitas Layang-Layang yang ada di Lampung.


Peserta sekitar 136 dengan uang pendaftaran  bervariasi. Untuk jenis gantangan, peserta  dimintai biaya pendaftaran sebesar Rp10.000, sementara untuk jenis naga peserta dimintai biaya pendaftaran sebesar Rp20.000. 


Wagiyo mengatakan, meski di tengah pandemi saat ini warga antusias yang penting sesuai anjuran pemerintah. "Kami menyediakan masker, hand sanitizer, dan cuci tangan, "ujar Wagiyo.


Bagi peserta yang kreatif akan mendapatkan hadiah. Juara pertama mendapatkan hadiah uang sebesar Rp350 ribu, juara dua Rp250 ribu, dan juara tiga Rp150 ribu plus tropi. (*)


Penulis: Feriansyah

TerPopuler