Deri Asta Resmikan Inna Ombilin Heritage Hotel Sawahlunto -->

Deri Asta Resmikan Inna Ombilin Heritage Hotel Sawahlunto

Selasa, 06 Oktober 2020, 20:02

Rakyatterkini.com, Sawahlunto – Kini, Sawahlunto memiliki hotel baru yang dikelola oleh jaringan Hotel Indonesia Group (HIG). Hotel baru tersebut, yakni Inna Ombilin Heritage Hotel secara resmi mulai dibuka, Selasa (6/10/2020). 


Untuk tahap awal ini hotel tersebut menyediakan 17 kamar bertipe superior dan deluxe. Nantinya akan ditambah, sampai pada target jumlah kamar yaitu 100 kamar. 


Walikota Sawahlunto, Deri Asta hadir langsung pada penyelenggaraan launching (pembukaan) Inna Ombilin Heritage Hotel itu. 


Disebutkan Walikota, kehadiran Inna Ombilin Heritage Hotel di Sawahlunto memberikan peran strategis terutama dalam menunjang pariwisata di Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO tersebut. 


“Saya teringat, pada penyelenggaraan iven Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval (SISSCA) 2019 lalu, serta beberapa iven lainnya, itu para tamu kita dari luar terpaksa menginap di Batusangkar dan Sijunjung karena pilihan hotel di Sawahlunto itu terbatas. Rasanya ini suatu kerugian bagi kita, sudah ada tamu yang datang namun tidak bisa kita optimalkan membelanjakan uang di Sawahlunto karena mereka tidak menginap di kota ini. Makanya, kini dengan dibukanya Inna Ombilin Heritage Hotel ini membuat hal itu tidak akan terjadi lagi karena sekarang kita sudah bisa memberikan tamu tempat menginap yakni hotel yang representatif ini,” sebut Walikota Deri Asta.


Lebih jauh, Walikota mengatakan sesuai dengan perjanjian kerjasama sejak awal dengan Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, manajemen Inna Ombilin Heritage Hotel telah merekrut karyawan dari putra daerah Sawahlunto. 


Untuk sekarang ini, Walikota Deri Asta menyampaikan bahwa dirinya telah menerima laporan bahwa sudah ada 4 orang karyawan yang direkrut dari putra daerah. 


Laporannya, kemaren itu sudah ada 21 calon karyawan yang mendaftar, difasilitasi test oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Naker (PMTSP Naker). Kemudian diseleksi oleh manajemen hotel, itu yang lulus ada 4 orang, sekarang sudah tercatat sebagai karyawan untuk Inna Ombilin Heritage Hotel ini, ujar Walikota Deri Asta. 


Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Naker (PMTSP Naker) Sawahlunto Dwi Darmawati, menyatakan empat orang putra daerah Sawahlunto yang lulus diterima sebagai karyawan di Inna Ombilin Heritage Hotel ini adalah, Wimbi Ardian, Syukri Handal, Hari Guntoro dan Intan Tiara Orari. 


Sebelumnya, di Sawahlunto sudah ada satu hotel yakni hotel Parai yang dikelola di bawah jaringan El Jhon. Selain hotel itu, opsi lainnya bagi tamu untuk menginap adalah homestay– homestay yang tersedia cukup banyak di ‘Kota Arang’ itu. 


Manajer Inna Ombilin Heritage Hotel, Budi Rizki, mengatakan hadirnya Inna Ombilin Heritage Hotel bukan untuk bersaing dengan homestay–homestay di Sawahlunto, sebab hotel menurutnya punya segment market yang berbeda dengan homestay. 


”Kita ada untuk melengkapi dan mewarnai pilihan akomodasi di Kota Warisan Budaya Dunia versi Unesco ini. Jadi kita berkolaborasi, ke depannya kami sedang mencari cara bagaimana bisa bekerjasama juga dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) di sini,” kata Budi Rizki. 


Ditambahkan Budi, untuk Inna Ombilin Heritage Hotel ini mengikuti Standar Operasi Prosedur (SOP) terbaru dari manajemen Hotel Indonesia Group (HIG) pusat. 


Sementara menyikapi masa pandemic Covid-19 sekarang, Inna Ombilin Heritage Hotel menerapkan standar protokol kesehatan sesuai kaidah yang dihimbau pemerintah. (Ris1)

TerPopuler