Athari Gauthi Ardi Ajak Kaum Milenial Refleksikan Semangat Sumpah Pemuda -->

Athari Gauthi Ardi Ajak Kaum Milenial Refleksikan Semangat Sumpah Pemuda

Jumat, 23 Oktober 2020, 17:11

Rakyatterkini.com, Sawahlunto - Sumpah pemuda sudah berusia 92 tahun dan cukup tua, akan tetapi bagi bangsa Indonesia semangat Sumpah Pemuda akan selalu up to date di sepanjang zaman. 


Sebab isu-isu persatuan harus terus menjadi bahan nasionalisme kebangsaan Indonesia dan harus pula menjadi bahan bakar bagi semangat setiap generasi ke generasi dalam menjaga bangsa ini.


Begitu disampaikan Politikus Milenial, Athari Gauthi Ardi, anggota DPR-RI Fraksi PAN dari daerah pemilihan Sumbar I lewat pesan WhatsApp kepada Rakyatterkini.com saat diwawancarai beberapa hari yang lalu.


Lebih jauh Athari menjelaskan, Sumpah Pemuda 1928 sebagai tonggak kebangkitan pemuda Indonesia yang selalu diperingati sebagai bagian penting dari munculnya semangat nasionalisme kebangsaan pemuda di era pra kemerdekaan.


Selain itu Sumpah Pemuda juga menjadi tonggak perlawan bersama dalam berjuang membebaskan negeri ini dari penjajahan. Oleh sebab itu memperingati sumpah pemuda jangan hanya melakukan ceremony belaka akan tetapi harus merefleksi diri kembali. Mengobarkan semangat persatuan bangsa yang kadang terkoyak oleh isu-isu sektarian dan kedaerahan yang tidak perlu.


Dewasa ini, isu perpecahan kembali marak mulai dari isu disintegrasi bangsa hingga isu sektarian yang digiring seolah-olah isu-isu nasionalisme dengan semangat 1928 tidak relevan lagi bagi kaum milenial.


Negara dianggap gagal melindungi segenap tumpah darah Indonesia, mereka yang menginginkan negeri ini hancur membangun narasi-narasi kontra persatuan dan dampak yang dirasakan sangat luar biasa, ujar Athari.


Kaum Milenial harus  berperan aktif kembali untuk menjadi motor penggerak merajut nilai - nilai persatuan bangsa yang mulai luntur.Mari kita gali kembali sejarah kebangkitan bangsa ini, jangan sampai kaum milenial gagal paham, Ahistoris terhadap sejarah bangsa ini, pungkas Athari. (Ris1)

TerPopuler