Zuldafri Darma Pelaksana Tugas Bupati Tanah Datar -->

Zuldafri Darma Pelaksana Tugas Bupati Tanah Datar

Selasa, 22 September 2020, 06:39
Pelaksana tugas Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma

Batusangkar, Rakyaterkini - Zuldafri Darma ditunjuk Gubernur Sumbar menjadi pelaksana tugas bupati Tanah Datar. Keputusan itu diambil untuk melanjutkan tampuk pimpinan daerah ini.

Almarhum Irdinansyah Tarmizi pada Sabtu, (20/9) meninggalkan kekosongan kursi bupati hingga dikeluarkan surat penugasan pada Zuldafri selaku pelaksana tugas bupati.

Surat nomor 120/404/Pem-2020 tersebut, ditandatangani Gubernur Irwan Prayitno tertanggal 21 September 2020, dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri dan ketua DPRD Tanah Datar.

Dalam surat itu,  Gubernur menyatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, diatur ketentuan  pasal 7 ayat (1) huruf a tentang kepala daerah atau wakil kepala daerah yang berhenti karena meninggal dunia, maka untuk keberlangsungan penyelengara pemerintah daerah sampai ditetapkan bupati definitif.

Dikatakan, otomatis Zuldafri melaksanakan tugas dan wewenang selaku pelaksana tugas bupati yang berpedoman kepada peraturan perundang-undangan.

Keputusan gubernur itu juga dibenarkan, Kabag Humas Pemkab Yusrizal pada pers, Senin (21/9) di Pagaruyung.

Diutarakannya, saat ini Zuldafri telah jadi pelaksana tugas bupati, dan akan melanjutkan tugas kepemimpinan,  sesuai surat penugasan dari gubernur tersebut sampai tanggal 25 September 2020 sebagai Plt Bupati Tanah Datar.

Hal ini, terkait karena ikut sertanya dalam Pilkada Tanah Datar serentak 2020 ini, maka selama masa cuti kampanye sampai tanggal 05 Desember 2020 akan digantikan oleh pejabat sementara dari provinsi.

"Jajaran Pemkab tentu akan mengikuti dan mematuhi keputusan gubernur itu untuk dilaksanakan," jelasnya. (ydi)

TerPopuler