SMK 1 Sutera Direndam Banjir, Dinas Terkait Terkesan Tutup Mata -->

SMK 1 Sutera Direndam Banjir, Dinas Terkait Terkesan Tutup Mata

Kamis, 10 September 2020, 11:26
SMK 1 Sutera dilanda banjir. (foto baron)

Painan, Rakyatterkini - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sutera,  Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebabkan banjir di beberapa titik. Salah satunya di SMK 1 Sutera, Kamis (10/9/2020).

Pantauan Rakyatterkini.com di lokasi SMKN 1 Sutera, dari Timur air terus mengalir ke sekitar sekolah itu. Puluhan siswa mengevakuasi sejumlah peralatan yang tergenang.

Air juga meluber ke jalan utama menuju ke sekolah itu. Untuk kendaraan kecil tidak bisa melewati, karena genangan sekitar 80 cm.

Penjaga sekolah SMKN 1 Kamlis. mengatakan, hujan deras terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan debit air meningkat. Air diketahui meningkat sejak pukul 03.00 WiB dini hari tadi. Awalnya, di sekitar sawah dan masuk ke kompleks sekolah.

Rata-rata air yang ada di dalam sekolah sekitar 60 cm, paling dalam sekitar lapangan bisa 1 meteran," katanya saat ditemui Rakyatterkini.com di sekitar sekolah.

Akibatnya, siswa yang saat ini mau sekolah sudah satu pekan terpaksa dihentikan sampai kondisi benar-benar kondusif.

Peralatan sekolah sudah dievakuasi, jadi tidak ada yang rusak. Mungkin hanya meja kursi," ucapnya.

Pada tahun tahun sebelumnya, sudah terjadi puluhan kali banjir di SMKN 1 ini.Disebabkan aliran air kemuara tidak lancar dan irigasi yang dialiri air tersumbat total. Karena sampah.juga aliran air mangkin mengecil di akibatkan aliran tidak pernah diperbaiki oleh Dinas PSDA yang terkait. 

Sekitar lokasi ada irigasi untuk membuangan air Namun tidak berfunsi sama sekali.disebabkan macet total karena sampah dan irigasinya mangkin mengecil. 

Tahun 2018, pemerintah nagari sudah mengusulkan melebarkan irigasi, namun dinas PSDA provinsi hanya janji saja.Turun kelapangan hanya pandang dan pandang saja. dan tidak ada terlaksana sampai saat sekarang. (baron)

TerPopuler