Semangat Masyarakat Membangun Command Center Makodim Batang -->

Semangat Masyarakat Membangun Command Center Makodim Batang

Jumat, 11 September 2020, 19:37
Peletakan batu pertama renovasi Kodim 0736/Batang. (foto ist)

Batang, Rakyatterkini - Rencana Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Dwison Evianto, untuk merenovasi aula Kodim menjadi Commamd Center Kodim, teralisasi dengan peletakan batu pertama.

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, Habib Lutfi Bin Ali Bin Yahya, bersama ketua panitia renovasi Ketua MUI Batang KH. Zainul Iroqi, ikut meletakan batu pertama di Makodim Batang, Jumat (11/9/2020).

Wantimpres RI, Habib Lutfi Bin Ali Bin Yahya mengemukakan, TNI merupakan putra-putri rakyat, maka sudah sepantasnya masyarakat berpartisipasi dengan ikut membangun Command Center.

“Kita mengambil pelajaran dari Imam Ghozali yang mengedepankan istilah “ikut membangun” karena lebih santun daripada “menyumbang”. Jadi siapa yang ingin ikut membangun Kantor Kodim Batang ini?, kata itu lebih tepat karena menunjukkan rasa ikut memiliki sebagai bagian dari masyarakat,” ungkap Habib Lutfi.

Habib menegaskan, TNI adalah berasal dari rakyat dan milik rakyat, tentu bagi masyarakat yang ingin ikut membangun tentu sangat baik. “Jangan sampai menggunakan istilah menyumbang dan membantu, karena ada tempat yang lebih tepat jika ingin mengucapkan kata itu".

Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Dwison Evianto mengatakan, rencana renovasi itu berasal dari Ruang Command Center Diskominfo Kabupaten Batang, yang secara tata arsitekturnya begitu memukau. Sehingga timbullah keinginan untuk merenovasi aula Kodim menjadi Command Center Kodim.

“Semoga ke depan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh jajaran Kodim Batang dan Forkopimda, sehingga kita dapat menggelar vidio conference secara bergantian, baik Pemda, Polres maupun Kodim,” bebernya.

Dandim sangat berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Batang, yang telah ikut serta dalam membangun Command Center Kodim Batang, sehingga nantinya manfaatnya akan dirasakan banyak pihak.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji menambahkan, pada dasarnya TNI/Polri merupakan bagian dari unsur Forkopimda dan Pemda, berkewajiban melayani semuanya dengan baik. Rasa memiliki harus tertanam dalam hati masyarakat Kabupaten Batang, sehingga semua kalangan mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut membangun Command Center Kodim.

“Rakyat ikut memiliki TNI, sehingga semangat yang diusung masyarakat Batang ikut membangun. Rakyat merasa memiliki seluruh elemen bangsa, TNI/Polri, Kejaksaan, Pengadilan, DPRD dan lainnya,” tegasnya.

Ketua panitia renovasi aula Kodim Batang, KH. Zainul Iroqi memaparkan, dengan diikutsertakannya ulama dalam pembangunan adalah bentuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Peran ulama bersama TNI mengandung spirit yang sejak dahulu bersatu dalam perjuangan merebut kemerdekaan, namun sekarang keduanya bersatu dalam pembangunan,” tuturnya.

KH. Zainul Iroqi berharap, dengan mendapat amanah semoga berjalan lancar dan dapat membanggakan masyarakat Kabupaten Batang.

Dalam pembangunannya membutuhkan anggaran sebesar Rp600 juta dan sampai sekarang sudah terkumpul Rp426 juta, katanya. (Pen/Sts)

TerPopuler