Sawahlunto Masuk Kawasan Prioritas Pariwisata Nasional RPJMN (2019-2024) -->

Sawahlunto Masuk Kawasan Prioritas Pariwisata Nasional RPJMN (2019-2024)

Jumat, 11 September 2020, 06:48
Walikota Sawahlunto, Deri Asta bersxama Mukhsis melakukan pertemuan dengan Direktur Pengairan dan Irigasi, Kementerian PPN/Bappenas RI, Abdul Malik Sadat Idris. (foto ist)

Rakyatterkini.com, Sawahlunto - Walikota Sawahlunto Deri Asta, bersama Kepala Barenlitbangda, Mukhsis, melakukan pertemuan dengan Direktur Pengairan dan Irigasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, RI Abdul Malik Sadat Idris, Kamis (10/9/2020) di Jakarta.

Pertemuan tersebut membicarakan program penataan dan naturalisasi batang lunto/sumpahan dan program pengelolaan sumber air baku dengan tekhnologi solar sel untuk mendukung Sawahlunto sebagai kota Warisan Budaya Unesco dan juga sebagai Kawasan Geopark Nasional. Agar bisa masuk kedalam program-program yang akan dibiayai oleh pemerintah pusat/APBN.

"Ini merupakan salah satu bentuk kompensasi dari pemerintah pusat karena status Sawahlunto sebagai Kawasan Prioritas Pariwisata Nasional (KPPN) dalam RPJMN (2019-2024), "jelas Mukhsis, lewat pesan singkat WhatsApp.

Sebelumnya, Kementerian Bappenas RI pada APBN 2021 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp35 Miliar untuk pembangunan jalan Pondok Kapur-Muaro Kalaban. (Ris1)

TerPopuler