Peran Vital Babinsa Sokong Suksesnya TMMD 109 Kodim 0727 -->

Peran Vital Babinsa Sokong Suksesnya TMMD 109 Kodim 0727

Minggu, 13 September 2020, 10:01


KARANGANYAR -  Bintara Pembina Desa (Babinsa) mempunyai peran vital dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Kodim 0727/Karanganyar/Korem 074/Warastratama, di desa Jatiwarno, kecamatan Jatipuro,  kabupaten Karanganyar,  Jawa Tengah.

Hal itu dikarenakan, Babinsa adalah ujung tombak satuan teritorial. mereka cukup paham tempat-tempat mana saja yang menjadi sentral titik pemerataan pembangunan desa binaannya. Tidak hanya itu, selama ini para Babinsa yang paling dekat dengan warga masyarakat.

Seperti disampaikan Danramil 01/ Karanganyar, Kapten Arh Heru Nugroho saat berada di lokasi TMMD. menurutnya Babinsa memiliki peran yang sangat penting, setiap masalah dan apa yang akan diprogramkan untuk masyarakat Babinsa duluan yang mendatangkan dan melaporkan hasilnya ke Danramil, baru di laporkan ke Dandim.

“Semua data dan informasi baru di proses dan data mana yang harus digunakan seperti TMMD sebelum di kerjakan di cek dan ditinjau baik oleh tim Kodim maupun Pemda,” tegasnya.

Dijelaskan oleh Heru Nugroho, bahwa tugas pokok dan fungsinya, baik urusan pertanian, penghijauan, kebudayaan, pendidikan di wilayah dan masih banyak yang ada di masyarakat sudah jadi pekerjaan sehari hari dengan masyarakat, bahkan untuk karya, juga peran yang penting dengan adanya TMMD Reguler 109 dari proses awal data dan hingga pelaksanaan TMMD peran Babinsa sangat penting dan tidak dipandang sebelah mata.

Menurutnya, dalam program TMMD Reguler 109 kali ini, Babinsa beserta anggota lainnya juga bekerja untuk membantu untuk kelancaran pekerjaan dan data semua Babinsa sudah mengetahui sehingga pertama yang di cari di lokasi pasti Babinsa setempat karena sangat mengetahui detail wilayah desa tersebut.

Peran TNI dan Babinsa dalam memberi kontribusi terhadap sektor apapun yang ada di masyarakat. Patut diberi acungan jempol, karena Babinsa yang tadinya lihai memainkan senjata kini dia berperan bisa mampu segalanya dan bahkan sebagai ujung tombak TNI AD, mungkin angkatan perang Indonesia satu-satunya yang  mampu menjadi pembimbing, motivator, fasilitator, dinamisator dan inovator bagi masyarakat di lapangan. “Koramil 01/Karanganyar - Babinsa sudah melekat di masyarakat peranannya, di tengah masyarakat terbukti cukup mampu menjalin kedekatan TNI dan masyarakat,” pungkasnya. (Tim Pendim 0727/Karanganyar)

TerPopuler