Pemdes Sipora Jaya Sosialisasikan Perda Provinsi Sumbar -->

Pemdes Sipora Jaya Sosialisasikan Perda Provinsi Sumbar

Jumat, 25 September 2020, 19:49



Mentawai, Rakyatterkini - Kesadaran dalam mencegah dan mengendalikan penularan Covid-19 mesti ditingkatkan. Diminta peran serta seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut.


Sekaitan dengan itu, Pemdes Sipora Jaya, sosialisasikan Perda Provinsi Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan turun ke jalan, Jumat (25/9/2020).


Kepala Dusun Tunas Baru, Sudung Siahaan menuturkan sebelumnya sudah dilakukan penempelan stiker tentang (AKB) di Desa Sipora Jaya.


Dia mengatakan, Perda AKB tersebut, merupakan regulasi pertama kali yang ada di Indonesia dalam percepatan penanganan wabah Covid-19. Langkah percepatan penanganan Covid-19 lewat Perda tersebut, mesti diapresiasi lewat pelaksanaan di daerah kabupaten sampai ke tingkat dusun.


Ia menyebut, Perda AKB tersebut, akan disosialisasikan ke seluruh warga Desa Sipora Jaya dan sosialisasi ini tergabung beberapa dusun. 


Dia meragukan, Perda tersebut bisa berjalan dengan optimal, tanpa sosialisasi yang intensif. Terutama untuk daerah Mentawai yang satu-satunya merupakan daerah Kepulauan di Sumatera Barat. Dia menyebutkan, peran serta pemerintah desa sangat penting


Di sisi lain, kata dia, saat sekarang masyarakat sudah menghadapi kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. "Kita sama-sama tahu, saat sekarang ini ada sikap apatis dari masyarakat menghadapi pandemi Covid-19. Dimana, sebagian masyarakat lebih memilih terpapar Covid-19, daripada mati kelaparan,” pungkasnya. (jaibi)




TerPopuler