Pemcam Klaten Selatan Gelar Operasi Masker -->

Pemcam Klaten Selatan Gelar Operasi Masker

Jumat, 11 September 2020, 16:51
Warga yang kedapatan tidak memakai masker diberi sangki membersihkan jalan. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Klaten Selatan menggelar kegiatan operasi masker di ruas jalan Pertigaan Patung Kuda Desa Danguran, Jumat (11/9/2020).

Kegiatan menyasar warga yang melintas dan kedapatan tidak menggunakan masker.

Camat Klaten Selatan, Joko Hendrawan mengatakan kegiatan ini merupakan upaya penegakan Pergub Klaten nomor 40 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Klaten. ‎

Menurut Joko, ada puluhan warga yang masih tidak disiplin untuk menggunakan masker.

"Beberapa masyarakat yang tidak disiplin sudah kami berikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku," kata Joko.

Joko Hendrawan menambahkan, sanksi yang diberikan kepada warga yang tidak menggunakan masker adalah dengan ditahan KTPnya selama 10 hari ke depan dan sanksi kerja sosial seperti menyapu jalan dan mencabuti rumput.

"Harapannya dengan operasi masker ini tingkat kedisiplinan masyarakat akan semakin meningkat. Dengan kedisiplinan yang tinggi tersebut diharapkan masyarakat akan semakin sehat dan tentunya wabah corona akan segera berakhir," jelasnya.

‎Menurut Joko, operasi ini akan rutin dilakukan setiap minggu dan akan dilaksanakan pada malam hari di rumah makan dan angkringan di mana masyarakat biasa berkumpul.

"Khusus untuk warga yang melanggar dan masuk kategori lansia, balita dan kaum disabilitas tidak diberikan sanksi," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler