KPU Minta Pasangan Calon Kepala Daerah Membuat Rekening Khusus -->

KPU Minta Pasangan Calon Kepala Daerah Membuat Rekening Khusus

Kamis, 24 September 2020, 15:43
KPU saat rapat penetapan calon kepala daerah. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Tiga pasangan calon (paslon) kepala daerah Pesisir Selatan diminta segera membuat rekening khusus dana kampanye.

"Kami sampaikan kepada tim penghubung masing-masing pasangan calon kepala daerah, dan hari ini mesti mereka selesaikan," kata Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar, Rabu (24/9/2020).

Untuk mempercepat proses ia juga meminta agar masing-masing tim penghubung segera menghubungi pasangan calon agar progresnya lebih cepat.

Terdapat tiga lembaga perbankan yang bisa mereka pilih untuk membuat rekening, mulai dari BRI, BNI dan Bank Nagari.

"Kami dari KPU tidak mengintervensi terkait lembaga perbankan yang digunakan pasangan calon, yang penting hari ini rekening tersebut selesai dibuat," kata dia. 

Salah satu syarat pembuatan rekening ialah surat keputusan penetapan pasangan calon kepala daerah, dan dokumen itu telah diberikan kepada ketiga bakal pasangan calon melalui tim penghubungnya.

"Ketiga pasangan calon yakni Hendrajoni-Hamdanus, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah, dan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab memenuhi syarat dan telah kami tetapkan melalui rapat pleno," ungkapnya.

Ia menambahkan perihal dana kampanye, khususnya pelaporan pihaknya membuka peluang bagi tim pasangan calon berkoordinasi, meski sebelumnya telah diberikan bimbingan teknis.

"Kami membuka diri bagi tim pasangan calon untuk berkoordinasi perihal pelaporan, karena tahap ini cukup riskan bahkan jika terdapat kesalahan seperti tidak melaporkannya maka bisa membatalkan kemenangan pasangan calon," ungkapnya.

Pengelolaan dana yang ada pada rekening khusus juga harus secara transparan, serta dapat dipertanggungjawabkan karena akan diaudit. (baron)



TerPopuler