Kakanwil Kemenag Sumbar Launching Sejumlah Kegiatan di Tanah Datar -->

Kakanwil Kemenag Sumbar Launching Sejumlah Kegiatan di Tanah Datar

Kamis, 10 September 2020, 22:14
Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri memukul beduk tanda dilaunching sejumlah kegiatan di Kankemenag Tanah Datar. (Yusnaldi)

Batusangkar, Rakyatterkini - Serangkaian kegiatan keagamaan dan keumatan yang dilakukan Kankemenag Tanah Datar dilaunching Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, didampingi Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul.

Kegiatan itu, diantaranya launching manasik haji sepanjang tahun, launching Bincang-Bincang Masalah Pernikahan (Baperkah), launching e-Bimas Islam, dan launching zakat muqayyat, kemarin di kantor kawasan Bukik Gombak.

Atas pelaksanaan itu, Kakanwil H. Hendri mengatakan jajaran Kankemenag Tanah Datar  sudah berada di papan atas dan telah melakukan perubahan dalam memajukan Kementerian Agama.

"Setelah ini tentu harus diikuti dengan program kerja dan kegiatan yang jelas agar dilaksanakan dengan baik," katanya.

Ia menyatakan agar jajaran Kankemenag Tanah Datar bergerak aktif dan bersama melakukannya sehingga kinerja itu akan membaik dan bermanfaaat. Semua tentu dengan manajemen dan koordinasinya.

Ia meminta untuk memaksimalkan kegiatan manasik haji sepanjang Tahun tersebut, bahkan sampai ke kecamatan dan nagari.

Didampingi Kadis Kominfo H.Abrar, Kepala Rutan Batusangkar Buzarjos, Pinpinan Bank Nagari Syariah Batusangkar Fitri Bahreni, Ketua IPHI Tanah Datar H.Aulia Rijal, Ketua BPIH H. Nasrul Ismail, Ketua FKKM Tingkat  MA, MTS dan MI, Kakanwil juga menyerahkan sertifikat dan ucapan terima kasih pada H. Masrizal pimpinan PT. Rizano Citra Mandiri Batusangkar, karena menghibahkan tanah seluas 1600 M2 untuk pembangunan gedung PLHUT Tanah Datar.

Kemudian menyerahkan sertifikat pada pembimbing ibadah haji, dilanjutkan dengan kegiatan MOU dan penandatangan kerjasama pembinaan rohani di Rutan Batusangkar, serta peresmian pemakaian Mushallah Al Ikhlas Kantor Kankemenag.

Hendri juga melakukan pembinaan pada peserta bimbingan  pra nikah remaja usia sekolah. Kemudian meninjau lokasi pendirian pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) berlokasi di kawasan Bukit Gombak di samping SMA 3 Batusangkar.

Bersama rombongan ikut mengunjungi lokasi tenpat pembangunan gedung kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Pariangan dan Kantor Balai Nikah dan Pondok Pesantren Tanjung Limau Pariangan.

Sementara, untuk jemaah calon haji, Kakankemenag H. Syahrul menyebut telah mendaftar sampai tahun 2040 berjumlah 5.883 orang.

Untuk keberangkatan jamaah calon haji tahun 2022 mendatang berjumlah 263 orang dengan pelaksanaan manasik didampingi lima orang pelatih telah memiliki sertifikat Kemenag. (ydi)

TerPopuler