HUT ke-43, PDAM Tirta Merapi Klaten Luncurkan AMDK -->

HUT ke-43, PDAM Tirta Merapi Klaten Luncurkan AMDK

Kamis, 10 September 2020, 17:07
Bupati Sri Mulyani menyerahkan potongan tumpeng pada Dirut PDAM Tirta Merapi. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Klaten resmi meluncurkan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan), Kamis (10/9/2020).

Peluncuran AMDK merek Tirta Merapi tersebut menandai puncak peringatan HUT ke-43 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Klaten tersebut.

‎Dirut PDAM Tirta Merapi, Irawan Margono mengatakan serangkaian kegiatan digelar untuk merayakan HUT ke-43 tersebut antara lain donor darah, pemberian 1.000 paket sembako kepada pelanggan dan launching AMDK (air minum dalam kemasan) Tirta Merapi.

"Semoga diversifikasi usaha ini akan bermanfaat dan dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Kabupaten Klaten," kata Irawan.

Irawan menambahkan, di tahun 2020 ini PDAM Tirta Merapi Klaten memperoleh penghargaan sebagai Top BUMD Awards 2020.

"Penghargaan juga diberikan kepada Bupati Klaten sebagai Top Pembina BUMD 2020 atas peran dan kontribusi dalam membina dan mendukung BUMD," kata Irawan Margono.

Irawan menambahkan evaluasi kinerja yang dilakukan kantor BPKP perwakilan Jogjakarta, PDAM Tirta Merapi Klaten mendapat penilaian kinerja 69,85 dengan klasifikasi baik. Nilai tersebut naik dibanding tahun sebelumnya sebesar 66,90.

Sementara itu, penilaian indikator BPPSPAM (badan peningkatan penyelenggaraan sistem penyediaan air minum), PDAM Tirta Merapi Klaten mendapat nilai 3, 95 dengan kategori PDAM Sehat.‎

Menurut Irawan, audit yang dilakukan auditor independen, PDAM Tirta Merapi meraih penilaian dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Irawan berharap dengan bertambahnya usia, PDAM Tirta Merapi dapat lebih memberikan sumbangsih untuk pembangunan di Kabupaten Klaten dan dapat menjadi penopang bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan ucapan terima kasih kepada PDAM Tirta Merapi yang telah ikut peduli terkait wabah Covid-19 dengan jalan memberikan subsidi pembayaran rekening sebesar 10%-70% kepada pelanggan.

Sri Mulyani berharap apa yang sudah diperoleh PDAM Tirta Merapi Klaten dapat terus dipertahankan dan diharapkan dapat lebih ditingkatkan sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Klaten. (cahyo)

TerPopuler