Gelar Safety and Healthy Campaign, PT AP II BIM Ajak Konsisten Terapkan 3M -->

Gelar Safety and Healthy Campaign, PT AP II BIM Ajak Konsisten Terapkan 3M

Sabtu, 19 September 2020, 15:22
Petugas bandara sosialisaikan protokol kesehatan.

Pdg. Pariaman, Rakyatterkini - PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau dengan Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VI serta mitra penerbangan menggelar Safety and Healthy Campaign, Jumat (18/9/2020). 

Kegiatan dilaksanakan sebagai bagian upaya memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang diperingati setiap 17 September.

Kepala Otban Wilayah VI, Agoes Soebagio usai kegiatan itu mengatakan, kampanye pentingnya keselamatan dan kesehatan penerbangan sangat penting dilakukan untuk  mengedukasi masyarakat, terutama penumpang di BIM.

Diharapkan selalu menerapkan 3M dalam setiap aktivitas, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. 

3M adalah bagian penting dari protokol kesehatan dan unsur kesehatan harus jadi panglima dalam segala aktivitas, tegasnya.

EGM PT AP II BIM, Yos Sugiowono mengatakan, kampanye ini menindaklanjuti imbauan Kementerian Perhubungan. 

Dia menegaskan, sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan terus dilakukan di bandara di bawah naungan PT AP II, namun kali ini terus dimatangkan. 

Di BIM, bila ada para pengguna pesawat udara atau masyarakat yang berkunjung ke BIM kedapatan tidak memakai masker, maka diberi sanksi seperti yang belum lama ini diterapkan.

Namun, ditegaskannya, sanksi bukan tujuan, tapi bagaimana mengajak masyarakat terus disiplin menerapkan 3M.

Tak cuma itu, pihaknya juga terus mendorong agar seluruh aktivitas dilakukan secara online termasuk dalam pembayaran dengan sistem cashless. 

"Kita juga sudah menerapkan travel lesson dan terus sosialisasi cashless," jelasnya.

Dari itu dia berpesan agar masyarakat tak perlu takut bepergian dengan menggunakan pesawat udara. 

Jajaran PT AP II dipastikannya telah menerapkan protokoler kesehatan dan memastikan seluruh peralatan sudah dibersihkan dan memenuhi unsur kesehatan. 

Jaminan akan keselamatan dan kesehatan juga disampaikan AOC, komunitas penerbangan di BIM. 

Pembina AOC, Cecep menegaskan, seluruh aturan lokan dan nasional bahkan internasional sudah diterapkan secara konsisten di BIM. 

Ketua AOC juga mengatakan, penerapan protokol kesehatan tak hanya sisi darat, tapi juga sisi udara, yakni di pesawat udara, dimana dalam kabin pesawat sudah ada  HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menghilangkan hingga 99,99 persen airbone partikel di dalam kabin pesawat. 

Artinya, kabin pesawat sangat aman dari risiko penularan Covid-19.  (Y)

TerPopuler