Dr. Andani: Penularan Covid-19 Rentan pada Saat Makan -->

Dr. Andani: Penularan Covid-19 Rentan pada Saat Makan

Senin, 14 September 2020, 13:35
Kepala Laboratorium Penyakit Dalam Universitas Andalas, Dr. dr. Andani memberikan pencerahan penanganan Covid-19 pada Lurah dan ASN se-Kecamatan Padang Barat. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) mengadakan pengabdian masyarakat mikrobilogi, untuk memberikan edukasi, komunikasi informasi penggunaaan masker dan hand washing mencegah Covid-19 di era normal terhadap pegawai kelurahan kecamatan Padang Barat.

Dalam pengabdian itu dihadiri Kepala Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Dr. dr. Andani Eka Putra sekaligus memberikan pencerahan pada ASN Padang Barat dan para Lurah, Senin (14/9/2020).

Dr.Andani menceritakan setiap ASN harus menjadi agen dalam pencegahan dan penekan penularan Covid-19, agar masyarakat mentaati protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, di tengah pandemi Covid-19.

"Kita ini agen yang memberikan informasi dan pelayanan pada masyarakat, "ujar Andani.

Selaku agen dalam pelayanan, ASN harus menyosialisasikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Jangan sampai ada masyarakat yang tidak tahu terhadap aturan yang diberlakukan khususnya di era new normal saat ini.

Dikatakan Andani, penularan Covid yang paling mudah dan rentan, yaitu pada saat makan, apalagi makan bersama di luar, sebab, saat makan kita tidak memakai masker. Untuk itu, ia mengharapkan pada wakikota Padang untuk berkoordinasi dengan pengelola rumah makan agar menyediakan pembatasan dari plastik dari meja ke satu meja lainnya.

"Pembatasan dengan plastik ini harus dilakukan, sebab saat makan ini penularan covid sangat gampang, "ujar dokter yang terkenal sejak Covid terjadi.

Dalam pengabdian masyarakat itu, Dr. Andani didampingi beberapa dokter di antaranya, Dr. Elizabeth Bahar, dr. Roslaini Rasyid, Dr. dr. Netti Suharti serta dokter lainnya. (gp)

TerPopuler