Calon Pengantin di Tanah Datar Ikuti Pembinaan -->

Calon Pengantin di Tanah Datar Ikuti Pembinaan

Rabu, 23 September 2020, 07:04
Calon pengantin ikuti pembinaan dan arahan dari Kakankemenag, H. Syahrul. (foto ist)

Batusangkar, Rakyatterkini--Sebanyak 15 pasang calon pengantin (Catin) mengkuti bimbingan perkawinan pranikah, yang digelar Kankankemenag Tanah Datar.

Kakankemenag H. Syahrul  membuka bimbingan perkawinan angkatan pertama tahun ini digelar di MTsN 6 Tanah Datar Batusangkar Selasa, (22/9/2020).

Dihadapan 30 orang yang akan nikah, Syahrul mengatakan Catin menjelang pelaksanaan pernikahan harus mempersiapkan segala sesuatu,  termasuk dana untuk biaya pernikahan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Dalam rumah tangga, pasangan suami-isteri itu haruslah menjalani semua kewajiban dan larangan yang akan dijalaninya dalam mengarungi bahtera rumah tangga meniju keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah," pesan Kakankemenag.

Ia juga mengingatkan saat membangun suatu rumah tangga iibarat sebuah kapal yang akan berlayar mengarungi lautan. Untuk berlayar itu terlebih dahulu harus  dipersiapkan segala sesuatunya seperti bahan bakarnya, biaya opersionalnya, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, Syahrul berpesan untuk persiapkanlah segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum dilangsungkan pernikahan tetsebut.

Ia juga berpesan agar pasangan calon pengantin jika sudah lahir dan mempunyai momongan nanti jangan sekali-kali putra-putri yang lahir itu diazankan atau diiqamatkan oleh orang lain, tapi lakukanlah oleh ayah kandungnya sendiri.

Dalam kegiatan dua hari itu materi juga disampaikan Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar, H. Edison Yusri. (ydi)

TerPopuler