APTI dan KTNA Klaten Panen Tembakau Bareng Bupati -->

APTI dan KTNA Klaten Panen Tembakau Bareng Bupati

Kamis, 17 September 2020, 12:14
Sekretaris APTI DPC Klaten, Suranto. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Aosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) DPC Klaten bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Klaten menggelar panen tembakau bareng Bupati Klaten Sri Mulyani di Desa Puluhan, Kecamatan Trucuk, Rabu (16/9/2020) siang.

Sekretaris APTI DPC Klaten Suranto mengatakan kegiatan bertujuan untuk menunjukkan rasa syukur bahwa panen tembakau di Kabupaten Klaten tahun ini mendapatkan hasil yang bagus.

‎Menurut Sekretaris APTI DPC Klaten yang juga Kepala Desa Bero, Kecamatan Trucuk Suranto, jenis tembakau yang di budidayakan di wilayah Kabupaten Klaten ada 3 yaitu,  jenis rajangan, asepan dan sun cured atau janturan.

Dia menambahkan, untuk se-Kabupaten  Klaten ada sekitar 2.000 hektare luas lahan tembakau dengan jumlah anggota APTI mencapai 176 anggota.

Menurutnya, jenis tembakau ada di wilayah tertentu, seperti di Temanggung terkenal ciri khasnya jenis rajangan.

"Kalau di Boyolali dan Klaten jenis yang utama DFC (dark fire cured) atau tembakau asepan. Tembakau jenis ini merupakan kualitas bagus untuk ekspor," kata Suranto yang juga Bendahara APTI Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Suranto, tembakau jenis sun cured atau dikeringkan dengan sinar mtahari saat ini produksinya bagus karena memiliki kadar nikotin yang sangat rendah.

Menurutnya, belum semua petani tercatat sebagai anggota APTI. Jumlahnya mencapai ribuan orang.

"Khusus untuk anggota APTI rata-rata petani dan pengusaha. Dengan pengurus inti ada 35 dan anggota aktif sekitar 170," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler