256.857 Masyarakat Tanah Datar Berikan Suaranya pada Pilkada Serentak 2020 -->

256.857 Masyarakat Tanah Datar Berikan Suaranya pada Pilkada Serentak 2020

Jumat, 11 September 2020, 17:51
Rapat pleno terbuka KPUD Tanah Datar. (foto ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - Sebanyak 256.857 masyarakat Tanah Datar bakal memberikan suaranya pada Pilkada serentak Desember 2020 mendatang.

Keputusan pemilih ini telah ditetapkan KPUD Tanah Datar dalam pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) awal pekan lalu.

"Kemungkinan ada koreksi, baik penambahan atau pengurangan, karena masih Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada serentak lanjutan 2020," sebut Ketua KPUD Tanah Datar Facrul Rozi di Batusangkar, Jumat (11/9/2020).

Pada rapat pleno dihadiri Ketua Bawaslu Hamdan dan anggota Bawaslu Yuli Fatdry, perwakilan partai politik, unsur Kodim 0307 Tanah Datar, Polres Tanah Datar, Kejaksaan Negeri, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Katanya, pemilih sebanyak 256.857 ini tersebar di 879 TPS dan 75 nagari. Kemudian pada DPS yang tetapkan  tersebut ada  pemilih laki-laki 126.002 orang dan perempuan sebanyak 130.855 orang.

Fahrul menyebut pihaknya terus berupaya mewujudkan Pilkada yang berkualitas dengan menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas pula.

Katanya, terkait warga Tanah Datar yang masih belum terdata untuk dapat berkerja sama dengan pelaksana di jorong atau nagari, karena  tidak ingin masyarakat yang sudah memiliki hak pilih itu tidak terdaftar dalam daftar pemilih.

Rozi didampingi Komisioner lainnya Fitri Yanti, Erlonadi, Henni Sari, dan Tomas Hemdriko mengajak masyarakat dan stakeholder untuk ikut menyukseskan Pilkada serentak Lanjutan 2020 ini.

Dan berharap partai politik, Bawaslu dan peserta Pilkada dapat ikut menyosialisasikan pada masyarakat, jika ada yang masih belum terdata atau belum terdaftar untuk dapat menghubungi KPU dan jajaran sampai ke tingkat nagari atau bisa langsung datang ke kantornya.

Kemudian, di tengah wabah Covid-19 diminta seluruh jajaran KPUD untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menerapkan prilaku hidup sehat.

Sementara, rapat pleno tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Hamdan dan Anggota Bawaslu Yuli Fatdry, perwakilan partai politik, unsur Forkopimda dan 14 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). (ydi)

TerPopuler