2021, DPRD Targetkan Membahas 26 Perda -->

2021, DPRD Targetkan Membahas 26 Perda

Selasa, 08 September 2020, 19:04
Syafrial Kani.

Padang, Rakyatterkini - DPRD Padang menargetkan akan menyelesaikan 26 Perda pada 2021 mendatang. Ketua DPRD Padamg Syafrial Kani memimpin rapat paripurna Program Pembentukan Perda (Propemperda) 2021, Rabu (8/9/2020).

Ketua DPRD, Syafrial Kani mengatakan, untuk 2021 usulan Propemperda DPRD akan menyelesaikan 10 Ranperda inisiatif dan 16 Ranperda usulan Pemko.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen menitipkan beberapa harapan, kesepakatan komitmen dan konsisten bersama, sebagai tindaklanjut dalam menciptakan produk perda yang berkualitas sesuai dan sebagaimana peraturan dan harapan masyarakat bersama.

Ia mengatakan, sesuai fungsinya DPRD mempunyai wewenang untuk membahas Ranperda yang telah diajukan oleh pemerintah daerah ataupun sebaliknya untuk dapat menghasilkan Perda  yang mengandung nilai-nilai strategis, sebagai landasan yuridis formil bagi Pemerintah daerah untuk menjalankan roda pemerintahan sehingga terciptanya pemerintahan yang bersih (clean and good governance).

Propemperda merupakan, pedoman pengendali penyusunan perda yang mengikat antara Pemko  dan DPRD.

Perda memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pemerintah di daerah, karena perda adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh DPRD dengan persetujuan bersama kepala daerah untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan. (gp)

TerPopuler