Sektor Kelautan dan Perikanan Punya Peran Besar dalam Penyediaan Lapangan Kerja -->

Sektor Kelautan dan Perikanan Punya Peran Besar dalam Penyediaan Lapangan Kerja

Jumat, 07 Agustus 2020, 15:02
Nelayan dengan hasil tangkapannya.

Padang, Rakyatterkini - Sektor Kelautan dan Perikanan mempunyai peranan yang cukup besar sebagai sumber lapangan kerja. Selain, ikan sebagai sumber protein hewani juga sebagai penghasil devisa.

Ini cukup beralasan, karena Sumatera Barat mempunyai 185 pulau kecil dengan panjang pantai 375 km, yang membentang dari Kabupaten Pasaman Barat hingga Kabupaten Pesisir Selatan serta 2,420 km jika termasuk pantai di Kepulauan Mentawai.

"Laut kita memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan perikanan, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri.

Upaya yang dilakukan DKP untuk mencapai target sasaran adalah dengan kegiatan pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana, seperti PPP Sikakap, serta PPP Carocok Tarusan, Pesisir Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi kenyamanan nelayan dalam mendaratkan ikan dengan memberikan tempat dan fasilitas-fasilitas lainnya di pelabuhan. Seperti, kebutuhan air, kebutuhan es dan perbekalan lainnya.

Selain itu DKP juga mengembangkan pengelolaan perikanan tangkap yang bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan serta meningkatkan hasil tangkapan, kesejahteraan hidup nelayan.

Peningkatan sarana penangkapan ikan bagi nelayan tradisional, seperti mesin tempel, alat tangkap jaring, sehingga memudahkan dan meningkatkan jangkauan tempuh dalam melakukan penangkapan. (hms-sumbar)

TerPopuler