Punya Konsep Wisata Dunia, Geopark Talamau Perlu Sentuhan Pemerintah -->

Punya Konsep Wisata Dunia, Geopark Talamau Perlu Sentuhan Pemerintah

Minggu, 02 Agustus 2020, 18:09
Penulis bersama Ketua Harian Geopark, Roby Zandriko. (foto ist)

RAKYATTERKINI.COM  -  Ketua Harian  Geopark (taman bumi) Talamau, Roby Zandriko berharap perhatian pemerintah daerah maupun pusat untuk ikut memajukan kawasan geopark di Gunung Talamau Pasaman Barat.

"Kita berharap pemerintah memperhatikan geopark untuk dikembangkan. Sebab geopark adalah kekayaan geologi ciptaan Allah SWT, yang berkelanjutan yang wajib kita jaga dan lestarikan bersama," sebut Roby saat meninjau lokasi air terjun geopark di Gunung Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Sabtu (1/8/2020).

Menurut dia, geopark punya konsep tema yang diusung nasional dan Internasional.  Pasaman Barat sudah punya kunci masuk dengan bakal keluarnya SK Menteri ESDM, sebagai kawasan geopark  berkelas dunia, yang menjadi syarat sebuah daerah untuk maju menjadi geopark nasional.

Artinya geopart adalah program berkelanjutan  dengan kombinasi berbagai menteri, kamondonya tentu Menko Maritim,  Bapenas, ESDM, Koperindag, pariwisata.

"Nah dengan bekerja sama lintas Organisasi Pemerintah  ini akan tentu lebih mempercepat dan mendukung geopark, guna percepatan perekonomian masyarakat dari berbagi fungsi dan tugas pokok yang mereka punya," sebut Roby.

"Intinya dengan satu destinasi wisata Geopark Talamau ini kita akan bisa mengukur  terciptanya lapangan kerja terhadap masyarakat, lapangan usaha, dan ekonomi kreatif. Sehingga tambah lama, masyarakat tambah peduli terhadap lingkungan, tambah dermawan kepada lingkungannya. Kenapa? Karena wisatawan akan datang ke mari untuk melihat program wisata alam yang kita miliki,"ungkapnya.

"Artinya geopark telah kita usung sejak 2018, kita bersama masyarakat telah bergerak dan berusaha sebisa kita usahakan untuk memajukan geopark. Oleh karenanya kita mohon bantuan  pemerintah agar geopark bisa maju dan punya program bekesinambungan," tambah dia.

Dari kawasan geologi Talamau sekitar ketinggian 640 mdpl tersebut, juga bisa dilihat hamparan laut, Sikilang, pulau Air Bangis, matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenan (sunset), disamping belasan  air terjun nan indah.

Di sepanjang air terjun wisatawan juga bisa menyaksikan bebatuan (piroklastik), yaitu bebatuan klastik yang terbentuk dari lava material vulkanik letusan Gunung Talamau, ribuan tahun silam.

Kawasan geologi itu cukup mempersona dan memanjakan mata jika bekunjung ke lokasi geopark, apalagi jika cuaca bagus. Cuma akses jalan ke lokasi masih belum bagus. Hanya bisa dilewati dengan kendaraan roda dua jenis trabas atau berjalan kaki.

Ketua Kelompok Kebun kawasan Geopark Anto, berharap kepada pemerintah daerah maupun pusat untuk bisa mengembangkan kawasan geopark sebagai destinasi wisata.

"Kami akan merelakan tanah kami untuk jalan, jika kawasan ini dikembangkan jadi destinasi wisata dunia. Kami siap mendukung pemerintah untuk memajukan daerah ini, dengan memperbiki jalan, dan fasilitas umum lainya," sebut Anto. (junir sikumbang)

TerPopuler