Petani Karet Rimbo Bawang Dambakan Jalan Usaha Tani Diperbaiki -->

Petani Karet Rimbo Bawang Dambakan Jalan Usaha Tani Diperbaiki

Minggu, 09 Agustus 2020, 20:01
Warga melewati jalan usaha tani di Kenagarian Lagan Gadang Mudik Punggasan, Pessel. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Petani karet Rimbo Bawang, Kenagarian Lagan Gadang Mudik Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan (Pessel), mengharapkan jalan usaha tani di daerahnya bisa diperbaiki untuk mendukung kelancaran transportasi para petani.

"Benar, jalan usaha tani di lokasi kami memang sangat memprihatinkan. Sebab, jalan yang kami lalui masih bertanah dan menyulitkan petani membawa hasil perkebunan dan pertanian, "kata Isap Barat, (45) saat ditemui Rakyatterkini.com, Minggu (9/8/2020).

Perbaikan jalan usaha Tani Rimbo Bawang sangat perlu dilakukan karena jika hujan kondisi jalan itu dipenuhi tanah berlumpur. Padahal jalan  tersebut, satu-satunya akses utama yang digunakan petani membawa hasil pertanian dan perkebunan masayrakat khususnya para petani (karet).

Untuk itu, ia sangat mengharapkan perhatian pemerintah kabupaten, agar jalan tersebut bisa diperbaiki.

Hal senada juga disampaikan Akong (53). Menurutnya kondisi jalan yang bertanah dan berlumpur itu sudah lama dirasakan petani. Padahal hasil pertanian dan perkebunan banyak dibawa melalui jalan ini.

Selain itu, jalan itu juga banyak yang berlobang dengan kedalaman sekitar 15-25 CM yang begitu sulit untuk dilalui kendaraan.

"Kami atas nama kelompok Tani Rimbo Bawang yang berjumlah sekitar 400 KK, sudah membuat proposal perbaikan jalan usaha tani beberapa waktu yang lalu pada tahun 2020 ini, pada Bupati Hendrajoni, "ujar Akong.

Sementara itu, Ketua kelompok Tani Rimbo Bawang, Undut (50) membenarkan kondisi jalan di lokasi itu sangat memprihatinkan, apalagi jika musim hujan.

Lebih parahnya, jika kondisi jalan basah maka motor pembawa hasil pertanian dan perkebunan tidak bisa melalui jalan itu. Disebabkan, di beberapa titik jalan dipenuhi lumpur tanah dan berlobang. (baron)

TerPopuler