Pengembangan Budidaya Perikanan, Pemerintah Beri Kewenangan pada Provinsi -->

Pengembangan Budidaya Perikanan, Pemerintah Beri Kewenangan pada Provinsi

Senin, 03 Agustus 2020, 17:30
Budidaya perikanan. 

Padang, Rakyatterkini - Pemerintah memberikan kewenangan pada provinsi untuk pengembangan perikanan budidaya payau dan tawar. Diantaranya penyediaan prasarana dan sarana pembudidayaan ikan di air payau dan air tawar.

Penggunaan sumberdayanya lebih efisien apabila dilakukan oleh daerah dan manfaat berdampak pada kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri menuturkan pengadaan sarana pembudidayaan ikan dapat dilakukan oleh provinsi, apabila yang menjadi sasarannya adalah kelompok pembudidayaan ikan pada beberapa kab/kota.

"Ya, kita diberi kewenangan dalam budidaya perikanan, dalam pelaksanaannya tentu mengandeng investor, "ujar Yosmeri, Senin (3/8/2020).

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumbar pada sektor kelautan dan perikanan menunjukan peningkatan. Sedangkan untuk volume produksi perikanan tangkap dan budidaya mengalami penurunan. Ini disebabkan oleh wabah virus Covid-19.

Ini diperlukan dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah melalui sinkronisasi perencanaan dan penganggaran dalam dokumen perencanaan pembangunan dalam upaya peningkatan produksi perikanan.

Diceritakan, budidaya perikanan untuk mendukung peningkatan nilai PDRB di sektor perikanan, sesuai dengan arah kebijakan pengembangan sektor unggulan  Provinsi Sumatera Barat berdasarkan RPJMN 2020-2024. (hms-sumbar)

TerPopuler