Pencegahan Penyebaran Covid-19, BBPPKS Regional I Padang Adakan Pengembangan Masyarakat -->

Pencegahan Penyebaran Covid-19, BBPPKS Regional I Padang Adakan Pengembangan Masyarakat

Sabtu, 15 Agustus 2020, 15:57
Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Padang memberikan arahan dalam kegiatan pemgembangan masyarakat di Lambung Bukit, Pauh. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Kementerian Sosial, melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Padang, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melakukan edukasi dan penyuluhan, Sabtu (15/8/2020).

Pada tahap awal 2020 ini, sesuai dengan keadaaan yang melanda Indonesia dan Dunia, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Sosial mengadakan pengembangan masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19, bertempat di Masjid Al Ikhlas, Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Padang.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Padang, Beni Sujanto serta jajaran, ketua Karang Taruna Sumbar, Mahdianur, ketua Karang Taruna Padang, Yardi, Lurah Lambung Bukit, Yusrizal, ketua LPM, RT, RW, serta Bundo Kanduang.

Dikatakan Beni Sujanto, pengembangan masyarakat sebagai laboratorium outdoor merupakan salah satu bentuk aktualisasi pengembangan profesi pekerja sosial dalam lingkup pembangunan kesejahteraan sosial BBPPKS Regional I Padang.

Dalam kegiatan itu, BBPPKS mengandeng Karang Taruna Padang dan Sumbar. "Ini kegiatan laboratorium yang kita miliki, sebagai bentuk pengabdian di masyarakat, "ujar Beni.

Pihaknya melakukan program pengembangan masyarakat, dalam rangka mengugah kepedulian para pengiat kemasyarakatan dan membangkitkan tanggungjawab dan kepeduliann terhadap penanganan sosial masyarakat.

"Kita ingin mempersiapkan wilayah ini sebagai pilot projek dalam mempersiapkan masyarakat terhadap new normal di masa pandemi covid ini, "kata Beni.

Nanti, beberapa informasi, pengetahuan, kita diskusikan dengan tokoh-tokoh masyarakat, bagaimana menghadapi normal baru di masa pandemi covid. Bagaimana cara pencegahan bisa dilakukan yang disesuaikan dengan lingkungan di kelurahan ini.

Seperti menerapkan pola hidup bersih, lingkungan masyatakat. Kita tahu kebiasaan mencuci tangan, ke depannya akan kita gugah kesadaran masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, BBPPKS akan merangkul stacholder, di antaranya, Unand, PT Pos, KAI. "Ini merupakan desa/kelurahan yang tangguh menghadapi Covid.

Pekerjaan ini tidak mudah dan butuh kerjasama semua pihak, dalam penanganan Covid-19. Ini saatnya preventif dan pendekatan sosial serta memberdayakan masyatakat sehinga sadar terhadap kebutuhan yang dihadapi.

Diakui, saat awalnya ini, pihaknya tidak menyerahkan bantuan. Meskipun begitu, ia bersama karang taruna akan mengandeng pihak BUMN untuk menyediakan alat cuci tangan. Selain itu, juga merangkul Unand untuk melakukan aksi sosial, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, memberikan obat-obatan ringan.

"Ini sedang kita jajaki, sehingga pertemuan pertama ini bisa menyepakati apa-apa saja yang dibutuhkan". Untuk ke depan, akan melakukan sosialisasi dan dilanjutkan dengan aksi sosial di tengah masyarakat".

Sementara Ketua Karang Taruna Sumbar, Mahdianur menyambut baik kegiatan yang diadakan Balai Besar Sosial ini, karena sangat bermanfaat pada masyarakat, terutama dalam pencegahan Covid-19.

"Ini program yang sangat luar biasa, belum ada kegiatan kampuang tangguh Covid-19 diadakan oleh instansi lain, "ujar Mahdianur. (ff)

TerPopuler