Mentawai Siap Gelar Pilkada, Tahapan Pemilu Terus Berlangsung -->

Mentawai Siap Gelar Pilkada, Tahapan Pemilu Terus Berlangsung

Kamis, 13 Agustus 2020, 08:08
Firdaus Risman.

Mentawai, Rakyatterkini - Pesta Demokrasi (Pilkada) serentak pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur, dan kabupaten/kota akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Penyelenggara, mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Mentawai siap melaksanakan tahapan lanjutan.

Seperti pencocokan dan penelitian (Coklit) telah hampir selesai. Namun, dibalik itu informasi pada masyarakat tentang pelaksanaan pilkada sangat minim pada masyarakat, bahkan ada masyarakat yang tidak mengetahuinya tentang Pilkada, baik pemilihan gubernur/wakil gubernur maupun pemilihan bupati.

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai serta jajarannya memberikan informasi atau melakukan sosialisasi pada masyarakat yang sulit mendapatkan akses informasi tentang kepemiluan.

Komisioner Bawaslu Mentawai, Firdaus Risman menuturkan sosialisasi ini dengan sistem kearifan lokal ini sangat cocok bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman untuk diterapkan.

Diharapkan kerjasama tokoh-tokoh masyarakat untuk sama-sama memberikan atau menyampaikan informasi terkait dengan pemilihan kepala daarah pada warga.

Kegiatan akan dilaksanakan tetap melaksanakan protokol kesehatan menjaga jarak, cuci tangan, memakai masker, dan tidak berkerumunan.

Pelaksanaan pilkada dimasa covid-19 agak berbeda dengan pemilihan kepala daerah sebelumnya, tantangan berat yang akan dilalui dalam melakukan pengawasan pemilu pada saat dalam menjalankan tahapan pilkada. (jaibi)

TerPopuler