Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan, Usaha Rakik Maco Berpeluang -->

Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan, Usaha Rakik Maco Berpeluang

Minggu, 09 Agustus 2020, 17:23
Rakik maco.

Padang, Rakyatterkini - Meningkatkan kesejahteraan nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat juga memberikan pelatihan pengolahan ikan pada nelayan dan keluarganya.

Dalam program pemberdayaan masyarakat nelayan itu, diberikan pelatihan dan sosialisasi membuat rakik maco (ikan) agar keluarga nelayan mempunyai penghasilan.

"Ya, kita juga berikan pelatihan cara membuat rakik maco, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Ir. Yosmeri, beberapa waktu lalu.

Pelatihan itu bertujuan agar rakik yang dibuat memberikan hasil yang bagus, sehingga mudah dipasarkan.

Investasi pengolahan ikan itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun dan pembinaannya masih berjalan hingga saat ini. Untuk pemasarannya juga dibantu oleh DKP di antaraya pada kegiatan pameran dan lainnya.

Pengolahan ikan jadi rakik maco itu bisa dilakukan, jika tidak bisa melaut akibat cuaca tidak mendukung, istri nelayan bisa membantu mengolah ikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beberapa jenis pelatihan olahan ikan seperti membuat rakik maco dan pengeringan ikan. Setelah mendapatkan pelatihan, nelayan akan dibantu dengan peralatan pengolahan ikan, sebagai modal awal agar mereka bisa langsung mempraktekkan ilmu yang sudah didapati. (hms-sumbar)

TerPopuler