Kesadaran Berkurban Meningkat di Surau Gudang Nurul Hamdi Kubu Rajo -->

Kesadaran Berkurban Meningkat di Surau Gudang Nurul Hamdi Kubu Rajo

Sabtu, 01 Agustus 2020, 14:49
Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Surau Gudang Nurul Hamdi, Kubu Rajo. (yusnaldi)

Batusangkar, Rakyatterkini - Kesadaran masyarakat melaksanakan ibadah kurban di tengah pandemi Covid-19 kian meningkat di surau Gudang Nurul Hamdi Kubu Rajo, Nagari Limo Kaum, Tanah Datar.

Hal ini terlihat pada pemotongan sapi kurban tahun  ini, sebanyak 11 ekor sapi kurban disembelih, Sabtu (1/8) di halaman suraunya yang luas

Saat itu, ada peningkatan jumlah peserta  mencapai 77 orang, bila dibandingkan dengan pelaksanaan ibadah kurban sebelumnya.

Pengurus Surau Gudang Nurul Hamdi, Hidayat dan Afnazianto menyatakan kebanggaan dan apresiasi atas kepercayaan diberikan pada masyarakat kawasan Kubu Rajo dan sekitarnya saat ikut melaksanakan ibadah kurban, karena telah mempu menunjukan keberadaannya surau tersebut di tengah masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, yang ditangani panitia dan petugas mendapat perhatian dari masyarakat dengan secara bersama ikut terlibat melakukan prosesi penyembelihan.

Sebagai tanda kemulian dan kebersamaannya usai pemotongan dilaksanakan pembacaan ritual doa bersama hingga makan siang bersama di surau.

Tahun-tahun sebelumya jumlah sapi kurban tak mencapai 10 ekor. Alhamdulillah, di tengah pandemi Covid-19 kesadaran beribadah masyarakat kian besar dan dipujikan dengan mempercayakan pelaksanaannya di surau, ucap Afnazianto.

Ia menyebut ibadah yang mengandung maksud saling memberi dan menerima ini sesama manusia, mulai disadari kemuliaannya  sebab siapa yang melaksanakan bakal meraih keberkatan dari Alllah, SWT.

Ditambahkannya, hal menggembirakan tatkala Surau Gudang telah dikenal kiprahnya dengan kegiatan pelaksanaan ibadah,  anak mengaji yang cukup banyak di LPQ-nya, serta aktif menggelar dakwah, kegiatan sisial umat. (ydi)

TerPopuler