HUT RI ke-75, PDA Klaten Berbagi 103 Paket Kuota Internet Gratis ‎ -->

HUT RI ke-75, PDA Klaten Berbagi 103 Paket Kuota Internet Gratis ‎

Selasa, 18 Agustus 2020, 08:16
Penyerahan paket kuota internet gratis. (foto ist)

Klaten, Rakyatterkini - Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Klaten memberikan bantuan kuota internet gratis untuk 103 siswa SD dan SMP Aisyiyah di Klaten, Senin (17/8/2020).

Kegiatan digelar dalam rangkaian HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan juga didorong adanya keprihatinan dengan adanya musibah pandemi Covid-19 yang sempat melumpuhkan berbagai sektor tak terkecuali di bidang pendidikan.‎

‎Keluh kesah melalui postingan di media sosial mulai banyak dijumpai terkait pendidikan jarak jauh.‎

‎Keluhan utamanya terkait ketersediaan paket data internet, handphone dan efek dari siswa dan guru sendiri.

Melihat kondisi tersebut Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten bersama SieradMU media berusaha hadir meringankan beban mereka yang menghadapi persoalan dampak pembelajaran daring ini.

‎Ketua Majelis Dikdasmen Aisyiyah Klaten, Istikomah, mengatakan Gebyar Merdeka 2020, Aisyiyah Klaten Hadir Untuk Negeri merupakan kegiatan sosial Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-75 RI di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten membagikan paket data internet masing masing 6,5 GB kepada 103 untuk siswa kurang mampu serta guru di Kecamatan Wedi dan Prambanan," ujar Istikomah.

Menurutnya, penyerahan paket data internet dilakukan oleh 3 tim yang terdiri dari perwakilan Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten dan sieradMU media di SD Aisyiyah Full Day Pandes, SMP Aisyiyah Full Day di Kecamatan Wedi dan SD Aisyiyah di Desa Randusari Kecamatan Prambanan.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten, Siti Komariyah, dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini dilandasi rasa keptrihatinan atas kondisi kegiatan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19, dimana lamanya pendidikan jarak jauh dampaknya mulai dirasakan masyarakat.

“GEBYAR MERDEKA 2020 Aisyiyah Hadir Untuk Negeri merupakan kegiatan ta’awun (tolong menolong) untuk kemajuan pendidikan di Indonesia utamanya di Kabupaten Klaten," katanya.

Menurut Siti Komariyah, selain sebagai kegiatan tolong menolong juga sekaligus merupakan komitmen media dakwah persyarikatan dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten Klaten untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 utamanya di bidang pendidikan.

Komariyah juga berpesan kepada orang tua penerima manfaat dari kegiatan ini untuk ikut mengawasi agar jangan sampai paket data internet ini dipergunakan untuk kepentingan di luar pembelajaran seperti buat nge-game dan lainnya.

Senada dengan Komariyah, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten, Suhud Eko Yuono dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan sikap responsif Aisyiyah sebagai wujud positif  peran dakwah Aisyiyah dimasa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini menunjukkan kehadiran dakwah Aisyiyah di bidang pendidikan yang sedang mengalami ujian dengan adanya musibah Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SD Aisyiyah Prambanan, Nur Arifah Ahsanti mengakui bahwa bantuan paket data internet dari Aisyiyah ini sangat dirasakan manfaatnya bagi para siswa dan guru di sekolah, terlebih saat pembelajaran jarak jauh.

"Kami sangat membutuhkan kuota internet ini untuk kegiatan belajar mengajar sistem daring yang sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu yang lalu," katanya.‎

Menurut Nur Arifah, sinyal di daerahnya agak sulit. Hanya satu provider yang lancar. Selain itu untuk memaksimalkan pembelajaran jarak jauh siswa juga aktif mengikuti kegiatan belajar kelompok  di rumah salah satu siswa, dengan cara para guru aktif mendatangi kelompok belajar siswa tersebut," ucapnya. (rel/cahyo)‎

TerPopuler